Tujuh Tips Proses Persalinan Normal tanpa Rasa Sakit

Tips Proses PersalinanSumber: bbc.co.uk

BeritaCampur.com – Di  zaman serba modern saat ini, pasti sangat banyak sekali kemudahan yang bisa kita dapatkan. Tak terkecuali, kemudahan mengenai proses persalinan. Ada beberapa calon ibu yang memilih melakukan persalinan dengan cara seksio cesarea (SC) atau operasi caesar. Namun, tak sedikit pula yang memilih untuk menjalani proses persalinan normal.  Ada beberapa tips untuk menghadai proses dan tahapan persalinan yang telah kami rangkum di bawah ini.

  1. Persiapkan mental dan fisik ibu sebelum melahirkan.

Hal paling utama yang wajib dilakukan bagi para ibu hamil, ketika tiba saatnya melahirkan adalah mempersiapkan diri dengan meyakini, bahwa proses persalinan akan berjalan lancar dan tanpa kendala. Sugesti diri untuk mampu menjalani proses normal, merupakan modal awal untuk menjalani proses persalinan normal tanpa jahitan. Selain mensugesti diri, ada pula cara lain yang tak kalah bermanfaatnya, yakni pijatan perineum di akhir trimester kehamilan atau bisa juga dengan melakukan senam kegel. Dua kegiatan ini, bertujuan untuk melatih otot-otot serviks atau jalan lahir.

  1. Persiapkan Tempat Melahirkan

Kita memang tidak tahu kapan persisnya bayi akan lahir, meskipun dokter telah memberikan hari perkiraan lahir si jabang bayi. Oleh karena itu, tak ada salahnya bila seorang ibu hamil memiliki keinginan untuk memilih di mana ia akan melahirkan nantinya. Anda bisa memilih tempat yang nyaman dan sesuai dengan budget yang telah disiapkan. Mengapa tempat juga harus diperhatikan? Karena bila tempat nyaman, maka kondisi mental ibu dan janin dalam kandungan pun baik sebagaimana mestinya. Hal ini tentu berpengaruh juga pada kelancaran proses persalinan.

  1. Persiapkan kondisi tubuh agar tidak kelelahan jelang persalinan

Pengguntingan atau robekan yang dikenal dengan istilah episiotomi dapat terjadi bila ibu hamil mengalami kelelahan di trimester akhir jelang persalinannya. Oleh karena itu, seringlah beristirahat dan hindari aktivitas yang terlalu berat. Jangan lupa untuk menjaga asupan makanan dengan nutrisi yang sehat dan seimbang selama kehamilan.

  1. Lakukan olahraga ringan melatih otot sebagai bentuk persiapan tubuh

Yoga adalah salah satu olahraga ringan yang sangat sering dilakukan oleh para ibu hamil. Tetapi, apabila Anda tak terbiasa dengan yoga, Anda juga bisa melakukan olahraga ringan dan mudah lainnya. Seperti halnya menggerakkan kepala, dahi, hidung sehingga menyentuh lantai. Begitu juga dengan tangan, lutut, dan jemari kaki. Percayalah, bahwa gerakan sesederhana itu dapat mempengaruhi posisi janin agar tidak sungsang. Ada pula yang jauh lebih ringan dan mudah, yakni berjalan dan jongkok. Anda boleh berjalan hanya di sekitar rumah, asalkan kondisi Anda memungkinkan dan sanggup. Begitu juga dengan berjongkok, jangan lupa untuk berpegangan pada benda kuat untuk menopang tubuh Anda.

  1. Memberi pengharum ruangan dengan aromaterapi

Salah satu kunci agar bisa melahirkan normal dan sedikit rasa sakit adalah ketenangan. Dan aromaterapi yang biasanya berupa minyak atau pun lilin bisa juga digunakan lho.

  1. Konsumsi alpukat dan minyak zaitun

Dengan mengkonsumsi buah alpukat dan minyak zaitun, dapat membantu meregangkan kulit dari dalam dan lebih intens. Begitu juga bila Anda mengkonsumsi teh daun raspberry selama trimester akhir, bisa membantu proses kelahiran normal karena kandungan teh ini dapat memicu kontraksi.

  1. Jangan angkat pantat ketika proses melahirkan

Hampir setiap tenaga medis selalu meneriakkan kalimat, “jangan angkat bokong (pantat)!” Perlu Anda tahu, bahwa ini bukan sekedar teriakan omong kosong belaka. Mengangkat pantat Anda, ketika proses persalinan dapat memicu robekan otot karena tidak adanya penyangga.

Semoga tujuh tips proses persalinan normal tanpa jahitan dan mengurangi rasa sakit di atas, bisa menjadi panduan terbaik Anda jelang kelahiran si buah hati tercinta.

1 Comment on "Tujuh Tips Proses Persalinan Normal tanpa Rasa Sakit"

  1. Have been taking little over a month.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*