Tips Praktis Menjaga Asupan Nutrisi Ibu Hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu HamilSumber: eatrightontario.ca

Pada saat hamil, kebutuhan gizi dan nutrisi bagi Ibu dan janin di dalam kandungan sangatlah penting. Mengkonsumsi beraneka ragam makanan, yang dapat memenuhi nutrisi sehat harian. Ini dilakukan untuk menjaga agar keduanya tetap sehat dan kuat selama masa kehamilan dan melahirkan kelak.

Masalah yang sering dihadapi oleh Ibu hamil adalah mudah lelah. Banyak faktor yang menyebabkan kelelahan ini. Bukan sekedar karena Ibu berbadan dua saja. Masalah lain yang juga sering kita temui, yaitu morning sickness atau mual-mual. Keadaan ini terkadang membuat Ibu malas atau tidak berselera untuk menyuapkan makanan yang dibutuhkan untuk nutrisi Ibu hamil. Jika sudan demikian, Ibu bisa saja mencari cara atau makanan serta suplemen yang siap konsumsi agar kebutuhan nutrisi Ibu pada saat hamil tetap terpenuhi. Ibu bisa membaca lebih lengkap tentang pemenuhan kebutuhan nutrisi pada saat hamil

Kepraktisan dalam pemenuhan nutrisi pada saat hamil menjadi alternatif yang memudahkan bagi Ibu. Selain tidak terlalu ribet dalam proses pemenuhannya, yang jelas harus memenuhi gizi yang benar-benar dibutuhkan pada masa kehamilan. Ada bebedapa nutrisi yang berperan penting pada saat Ibu hamil, seperti zinc, asam folat, beta carotene, kalsium, protein, DHA, zat besi, vitamin D.

Beberapa akan disebutkan tips bagi Ibu hamil untuk kebutuhan nutrisinya.

  1. Susu untuk Ibu hamil

Untuk memenuhi kebutuhan akan banyaknya zat gizi yang harus dipenuhi, susu untuk Ibu hamil akan sangat membantu untuk memenuhi kandungan nutrisi lengkap dan seimbang yang diperlukan. Susu yang memang dikhususkan untuk Ibu hamil biasanya memang sudah disusun nutrisi dan kandungannya untuk kesehatan Ibu dan janin. Zat-zat yang terkandung dalam susu hamil biasanya telah mencakup semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan pada saat kehamilan.

  1. Suplemen untuk Ibu hamil

Tidak susah menemukan suplemen yang bagus dan memenuhi nutrisi untuk Ibu hamil. Ibu bisa mendapatkannya di apotik atau toko obat terdekat. Ada berbagai macam produsen yang memang khusus menyediakan suplemen untuk Ibu hamil ini. Namun untuk lebih amannya, sebaiknya Ibu berkonsultasi kepada dokter kandungan. Sehingga suplemen yang Ibu konsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh Ibu dan dosisnya pun tepat.

  1. Sereal

Kendala yang biasa terjadi pada Ibu pada saat hamil adalah mual dan nafsu makan terganggu pada pagi hari. Ini membuat Ibu terkadang malas untuk menyentuh makanan. Padahal, sarapan itu sangat penting untuk memulai hari Ibu dengan nutrisi yang sehat.

Jika makanan yang biasa Ibu santap setiap pagi membuat Ibu tidak menginginkannya, sereal bisa menjadi pengganti pemenuh kebutuhan nutrisi Ibu hamil sebagai sarapan. Sereal mengandung karbohidrat, mineral dan kalsium yang juga dibutuhkan oleh ibu yang sedang mengandung.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang mengandung protein, zat besi dan asam folat, juga nutrisi praktis yang dapat Ibu konsumsi. Kandungan yang ada dalam kacang-kacangan juga sangat dibutuhkan oleh kandungan Ibu.

  1. Buah-buahan

Buah mengandung banyak nutrisi yang Ibu butuhkan pada saat hamil. Mengkonsumsi buah-buahan tidak memerlukan proses lebih lanjut, sehingga praktis kapan saja Ibu ingin menikmatinya. Mengkonsumsi berbagai macam buah-buahan sangat di perlukan oleh Ibu demi kecukupan asupan yang seimbang.

  1. Vitamin dan air

Konsultasikanlah dalam memilih vitamin yang baik untuk menunjang kesehatan Ibu dan janin ketika hamil. Perbanyak minum air putih, karena pada masa kehamilan Ibu banyak kehilangan cairan tubuh yang dapat mengganggu kesehatan. Selain itu mineral dalam air sangat membantu kebugaran Ibu.

Demikian tips praktis dalam menjaga asupan nutrisi Ibu dapat terjaga selama masa kehamilan dan janin yang Ibu kandung selalu sehat.

Be the first to comment on "Tips Praktis Menjaga Asupan Nutrisi Ibu Hamil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*