Tips Menjaga Saluran Cerna Anak Kala Mudik

Tips Menjaga Saluran Cerna Anak Kala MudikSource: thefirstcrawl.com

Pada saat bunda membawa si kecil mudik, kadang mereka bisa terkena gangguan pada saluran cerna mereka. Sehingga mereka mungkin mengalami konstipasi dan demam pun menyerang. Alasan gangguan ini mungkin karena faktor perubahan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi si kecil. Apa yang perlu bunda untuk mencegahnya?

Kegiatan mencoba makanan baru tentu bukanlah hal yang salah. Bahkan melahap berbagai makanan baru kala mudik sangat dianjurkan untuk membuka cita rasa si kecil akan makanan-makanan di Indonesia. Namun icip-icip di disertai dengan makanan yang bagus untuk sistem pencernaan.

Kriteria makanan yang bagus untuk kesehatan saluran cerna Si Kecil adalah sebagai berikut:

  1. Kaya serat

Kebutuhan serat yang terpenuhi sangat baik bagi pencernaan baik anak-anak ataupun orang dewasa. Alasannya, serat meningkatkan efektifitas usus dalam menyerap sari-sari makanan dan bekerja dengan baik bila disertai dengan konsumsi air yang cukup. Penyerapan sari-sari makanan akan membuat pekerjaan usus semakin ringan dan saluran cerna si kecil pun semakin sehat.

Makanan yang kaya akan serat alami adalah sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang. Serat juga membantu si kecil yang kelebihan berat badan untuk kembali normal karena membuat badan kenyang lebih lama. Jadi selama mudik, pastikan makanan ini selalu dikonsumsi si kecil ya.

  1. Sumber bakteri baik

Kriteria makanan yang sehat berikutnya adalah makanan yang mengandung sumber bakteri yang baik bagi usus. Bakteri yang baik ini bermanfaat unuk memproses makanan dengan sempurna agar sari-sari makanan bisa diserap tbuh dengan optimal. Akibatnya saluran pencernaan si kecil pun semakin mudah memproses makanannya.

Makanan yang mengandung sumber bakteri baik adalah yogurt, kacang-kacangan, makanan fermentasi dan labu.

  1. Tidak mengandung pewarna dan pengawet

Makanan yang mengandung pewarna dan pengawet mengganggu enzim-enzim alami pada sistem pencernaan. Seringnya mengkonsumsi makanan seperti itu memperbesar resiko gangguan pencernaan di usus. Akibatnya konstipasi pun bisa terjadi dan mengganggu kegiatan mudik bersama si kecil.

Di antara semua kriteria makanan ini, tentunya yang paling mudah didapat adalah buah-buahan. Kami lampirkan ya buah-buahan yang banyak tersebar di seluruh Indonesia namun kaya serat.

  1. Pisang

Banyak sekali jenis pisang di Indonesia dan karena itu mudah didapatkan di mana saja. Pisang memiliki tekstur yang lembut dan halus sehingga memudahkan si kecil yang berusia 6 bulan mudah melumat dan cerna. Pisang yang mudah dimakan si kecil adalah pisang ambon, pisang emas ataupun pisang susu yang tentunya sudah matang.

  1. Pepaya

Pepaya yang manis kaya akan asam folat, serat, vitamin A, C dan E. Kandungan serat dan enzim papin yang terdapat di dalam buah ini sangat bagus untuk pencernaan anak. Bahkan banyak orang menjadikan pepaya sebagai obat alami untuk mengatasi sembelit. Buah ini sudah murah, mudah didapat juga kaya manfaat ya.

  1. Apel

Di kota-kota tertentu, apel mudah didapatkan contohnya di Malang dan sekitarnya. Apel memiliki kandungan gizi seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A, C dan mineral lainnya. Apel juga mudah dicerna dan tidak gampang menyebabkan alergi.

  1. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan vitamin C sehingga bisa mengurangi panas dalam yang disebabkan sulitnya konstipasi. Jadi jambu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan seratnya bagus untuk pencernaan.

Semoga info makanan bagus untuk saluran cerna si kecil bisa membantu bunda agak tidak pusing saat mudik ya. Kalaupun pencernaan tetap terganggu seperti mendadak sembelit di tengah mudik, jangan khawatir, ada cara mengatasi sembelit pada bayi yang bisa bunda lakukan. Selama bunda tidak panik pasti perjalanan mudik tetap menyenangkan. Selamat merayakan Hari Raya Lebaran!

Be the first to comment on "Tips Menjaga Saluran Cerna Anak Kala Mudik"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*