“Me Time” Dengan Relaksasi Untuk Persiapan Menyambut Bayi

persiapan menyambut bayiSumber: Bidanku

Bagi ibu hamil yang sudah memasuki trimester 3 pastinya akan merasa tegang ketika mempersiapkan kedatangan bayi di rumah. Dengan membawa beban yang kian hari kian berat, tentunya Ibu juga ingin merasakan relax sebelum waktunya tiba. Hampir seluruh wanita hamil didunia merasakan ketegangan yang sama ketika akan menyambut sang bayi. Bahkan tidak jarang, bukan hanya sang ibu yang akan merasa tegang, tetapi orang terdekat seperti suami misalnya, akan merasakan ketegangan yang sama saat menantikan sang buah hati lahir. Tapi saat ini kita hanya fokuskan pada Ibu saja ya.

Ibu, pernah mendengar relaksasi untuk ibu hamil? Kalau belum, berikut beberapa ulasan mengenai relaksasi sebelum menyambut kelahiran si kecil. Relaksasi pada umumnya adalah satu kegiatan yang dilakukan ketika seseorang sedang mengalami kelelahan akibat rutinitas yang tidak ada jeda setiap harinya, untuk mencari ketenangan agar tubuhnya siap kembali menjalani aktifitas. Sedangkan menurut pengertiannya relaksasi adalah cara diri mengelola ketegangan dalam diri yang meliputi aspek cemas dan stress melalui otot dan syaraf yang bersumber pada objek tertentu, sehingga dengan melakukan kegiatan relaksasi ini tubuh akan kembali seimbang dan otot pun tidak tegang atau kembali segar seperti sedia kala.

Relaksasi ternyata dapat dilakukan oleh ibu hamil juga loh, karena persiapan menyambut bayi pastinya akan membuat Ibu tegang dengan segala persiapan yang tidak ada habisnya.

Oleh karena itu, ada beberapa informasi mengenai relaksasi untuk Ibu, yang pastinya tidak boleh sampai ketinggalan. Sehingga Ibu dengan melakukan relaksasi dapat lebih mempersiapkan diri, saat akan menghadapi proses persalinan.

Me Time dengan relaksasi

Siapkan waktu untuk dapat melakukan relaksasi, kenapa? Karena ketika perasaan takut, tegang, cemas yang tidak ada habisnya akan memicu stress yang harusnya dihindari oleh para ibu hamil, apabila ibu hamil sudah merasakan stress dan cemas yang berlebihan akan mempengaruhi kesehatan janin, tentu Ibu tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Dengan melakukan relaksasi, Ibu akan dijamin tidak akan tegang lagi atau pun cemas akan persiapan menyambut kelahiran bayi pada saat waktunya.

Lakukan Relaksasi Menjelang Persalinan

Persalinan adalah momen yang paling penting dan ditunggu oleh para ibu hamil. Saat persalinan Ibu membutuhkan persiapan yang matang, demi keselamatan Ibu dan janin. Jadi dengan melakukan relaksasi adalah salah satu langkah yang tepat saat akan menghadapi persalinan. Adapun jenis relaksasi yang dapat Ibu lakukan menjelang persalin adalah:

  1. Relaksasi Pasif, dimana jenis relaksasi ini dapat dilakukan sendiri oleh ibu hamil. Posisi yang harus Ibu lakukan pertama kali adalah mencari posisi nyaman diantaranya dengan berbaring, kemudian menyamping atau semi duduk. Selanjutnya kepala atau seluruh tubuh diberikan ganjalan bantal atau bersender pada tembok. Selanjutnya pusatkan perhatian Ibu pada bawah ibu jari dan kaki, sedikit demi sedikit kendurkan sampai Ibu merasakan kenyamanan, kemudian lemaskan dan kendurkan sedikit hingga membuat pergelangan Ibu rileks. Selanjutnya pada bagian betis dan lutut, lakukan hal yang sama seperti pergelangan, tapi jangan menahan bagian tungkai. Intinya pada relaksai pasif, pusatkan pada bagian perineum, dimana pada bagian ini ketika Ibu sudah merasa rileks maka perineum akan lebih tenang dan membuka jalan untuk kemudahan saat bayi lahir.
  2. Perhitungan relaksasi, dapat dilakukan saat Ibu melakukan relaksasi pernapasan melalui mulut. Dengan cara menarik napas perlahan lewat mulut, kemudian Ibu lepas perlahan pula melalui mulut. Lakukan hitungan disetiap helaan napas yang dilakukan saat relaksasi pernapasan. Atau lakukan stretching pada kepala, leher dan bahu di hitung dengan perlahan dalam hitungan 1-10. Kemudian dapat Ibu lanjutkan pada lengan, tangan, dan ibu jari. Dan selanjutnya bagian dada dan perut kemudian pada bagian punggung dan perineum bahkan sampai pada tungkai, kaki, dan jari. Dengan relaksasi ini dapat membantu Ibu memaksimalkan pernapasan saat persalinan.
  3. Relaksasi sentuhan, pada relaksasi ini biasanya Ibu memerlukan bantuan dari Ayah. Karena relaksasi sentuhan adalah relaksasi yang menyenangkan, sehingga Ibu akan mendapati kondisi yang tenang dan nyaman. Minta Ayah untuk mengkontraksi otot pada tubuh Ibu, misalnya seperti meletakkan jari Ayah pada lekukan tubuh bagian belakang Ibu tanpa tekanan, sampai Ibu merasa rileks dan nyaman. Relaksasi sentuhan ini juga dapat dilakukan pada bagian-bagian tubuh Ibu yang merasa tegang, lakukan hal yang sama, minta Ayah untuk menyentuh dengan lembut pada bagian tubuh Ibu yang tegang dengan jari ataupun telapak tangan. Apalagi pada bagian perut, dijamin perut yang tegang akan terasa nyaman saat Ayah menyentuhnya.

Nah bagaimana Ibu, cukup mudah bukan melakukan relaksasi sebagai salah satu olahraga untuk ibu hamil? Semoga bermanfaat dan memberikan informasi yang memadai untuk Ibu.

Be the first to comment on "“Me Time” Dengan Relaksasi Untuk Persiapan Menyambut Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*