Sumber Makanan untuk Ibu Menyusui yang Direkomendasikan

Makanan untuk ibu menyusuiSumber: Paleoplan.com

BeritaCampur.com – Sudah bukan rahasia umum lagi jika makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui juga mempengaruhi kecerdasan dan kesehatan bayi. Ada beberapa sumber makanan untuk ibu menyusui yang direkomendasikan sebagai makanan wajib agar memiliki bayi yang cerdas dan juga sehat. Dengan asupan gizi seimbang dan juga pemberian ASI yang tepat kepada bayi, tentunya dapat meningkatkan kualitas perkembangan otak bayi dengan sangat luar biasa di masa awal kehidupannya. Apa saja makanan untuk ibu menyusui yang direkomendasikan agar bayi tetap sehat dan cerdas? Simak ulasannya berikut ini.

Ikan

Daging ikan sangat direkomendasikan sebagai makanan untuk ibu menyusui karena mengandung berbagai vitamin dan juga mineral yang baik bagi ibu dan bayinya, agar mendapat manfaat dalam perkembangan otak bayi. Salah satu kandungan terbaik dalam daging ikan adalah asam omega 3 yang membantu perkembangan otak bayi untuk meningkatkan konsentrasi, kemampuan pemecahan masalah, dan juga daya ingat.

Telur Ayam

Pada bagian kuning telur ayam terdapat sekitar 200 miligram kolin yang sangat dibutuhkan oleh bayi Ibu hingga usianya mencapai 8 tahun, karena kolin merupakan salah satu nutrisi penting dalam pengembangan pusat ingatan. Tak hanya itu, telur juga memiliki kandungan gizi lainnya yang tak kalah penting, yakni asam folat, vitamin A dan D, serta zat besi. Dengan mengkonsumsi telur ayam, produksi ASI yang berkualitas pada Ibu pun meningkat sehingga bayi mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Susu

Susu beserta olahan lainnya seperti yoghurt dan juga keju termasuk dalam salah satu makanan untuk ibu menyusui yang direkomendasikan agar bayi cerdas dan sehat, karena mengandung kalsium yang mendukung pertumbungan dan juga perkembangan tulang serta otak.

Kacang-kacangan

Makanan untuk ibu menyusui yang direkomendasikan selanjutnya adalah kacang yang memiliki kandungan gizi sempurna untuk ibu menyusui sehingga bisa menghasilkan ASI terbaik bagi bayi. Kacang-kacangan juga bisa dikenalkan secara langsung kepada bayi sebagai alternatif makanan pendamping ASI. Kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang membantu memberikan perlindungan pada otak dari serangan penyakit Alzheimer.

Sayur Mayur

Banyak orang, bahkan ibu menyusui tak begitu suka dengan sayuran hijau. Tetapi, tahukah Ibu bahwa sayuran hijau adalah makanan untuk ibu menyusui yang sangat direkomendasikan karena mengandung banyak nutrisi yang mampu mempengaruhi kualitas ASI sehingga terasa lebih segar dan enak bagi bayi, sehingga dapat dipastikan bahwa ciri bayi sehat pun dapat terlihat.

Buah Alpukat

Ada beberapa buah yang bagus dijadikan makanan untuk ibu menyusui, salah satunya adalah buah alpukat karena mengandung asam omega 3 yang kaya dan berfungsi untuk melancarkan aliran darah ke otak.  Cukup hancurkan atau lumatkan saja alpukat dalam sebuah wadah, kemudian nikmati dengan manisnya susu kental manis coklat untuk mendapatkan kualitas dan rasa terbaik ketika menikmatinya.

Buah Blueberry

Buah ini dikenal mengandung flavonoids yang mampu membantu seseorang untuk meningkatkan daya ingat, kemampuan belajar, hingga berpikir secara keseluruhan. Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi buah ini juga bisa memperlambat resiko penuruan kemampuan mental. Cukup campur buah blueberry dengan sereal oats atau yoghurt dalam wadah untuk memenuhi kebutuhan ASI berkualitas bayi Ibu.

Buah Zaitun

Tak hanya dikenal sebagai pengganti minyak goreng atau minyak untuk urut, tetapi buah zaitun juga dijadikan sebagai alternatif makanan untuk ibu menyusui yang direkomendasikan agar memiliki buah hati yang cerdas dan sehat. Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi buah zaitun secara teratur dapat menurunkan resiko kerusakan otak, karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dan berfungsi dalam mengantarkan oksigen lebih banyak ke dalam otak dan juga seluruh sel dalam tubuh.

Demikian informasi mengenai beberapa makanan untuk ibu menyusui yang direkomendasikan agar bayi sehat dan cerdas. Ingatlah bahwa bukan hanya pola makan sehat yang harus dijaga selama menyusui, ada baiknya jika Ibu juga mengkonsumsi vitamin ibu menyusui agar ASI pun semakin berlimpah dan berkualitas. Selamat mencoba.

Be the first to comment on "Sumber Makanan untuk Ibu Menyusui yang Direkomendasikan"

Leave a comment