Rempah Sebagai Pelengkap Makanan Sehat Ibu Hamil

makanan sehat ibu hamil 2Sumber: Cekprempi

Siapa sih yang tidak tahu rempah-rempah, sedangkan seluruh penjuru dunia pun tahu kalau Indonesia adalah salah satu penghasil rempah-rempah terbesar. Bahkan pernah menjadi rebutan antara Jepang dan Belanda,  itu semua demi rempah-rempah yang tersebar luas di seluruh pelosok Indonesia. Dan juga sejak dulu sudah dipakai sebagai bahan tambahan untuk mengolah makanan sehat ibu hamil.

Banyak khasiat yang dipercaya dapat memberikan nutrisi di masa kehamilan untuk perkembangan daya tahan tubuh bayi oleh ibu-ibu jaman dulu, tapi sekarang pun kepercayaan akan khasiat rempah-rempah masih dipercaya.  Ada banyak rempah-rempah yang dipercaya bagus untuk ibu hamil, diantaranya adalah jahe, cengkeh, bawang merah, cengkeh.

Dan dari banyaknya rempah-rempah yang dihasilkan dari bumi tercinta Indonesia, hanya ada beberapa rempah-rempah yang boleh dikonsumsi dan biasa dijadikan olahan makanan sehat ibu hamil, dimana terdapat kandungan-kandungan yang bagus untuk ibu dan janin, diantaranya adalah sebagai vitamin dan suplemen ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin.

Berikut adalah beberapa manfaat dari rempah-rempah yang aman untuk ibu hamil, yang dapat Anda konsumsi atau sebagai olahan makanan sehat ibu hamil, diantaranya adalah:

1. Jahe, bermanfaat untuk:

  • Menurunkan Tekanan Darah
  • Melancarkan Sistem Pencernaan
  • Meredakan Maag Bagi Ibu Hamil
  • Meredakan Perut Kembung
  • Menghilangkan Gas Berlebih
  • Menghilangkan Mual
  • Menghilangkan Pusing
  • Menghilangkan Stress

2. Cengkeh, salah satu bahan herbal yang sering digunakan untuk mengatasi sakit gigi saat hamil. Cengkeh bisa membantu mengatasi rasa sakit terutama ketika gigi terkena infeksi, gigi berlubang dan juga masalah ginggivitis. Caranya pun mudah, Anda hanya cukup mengunyah cengkeh secara langsung selama beberapa menit kemudian cengkeh harus dibuang. Menurut para peneliti cengkeh sangat aman dan tidak menyebabkan efek untuk janin maupun menjadi penyebab gangguan kehamilan. Justru cengkeh bisa menjadi bahan antioksidan untuk ibu hamil yang akan meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil, serta mengandung vitamin C untuk ibu hamil. Bahkan cengkeh mengandung omega 3 alami selain dari sumber hewani yang bisa menjadi makanan untuk mencegah bayi cacat.

3. Bawang merah, biasanya menjadi pilihan herbal yang sangat alami untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil dan dikenal sebagai makanan untuk penyubur kandungan. Bawang merah mengandung senyawa alisin yang bisa membantu sebagai bahan antiseptik alami, obat batuk saat hamil dan juga mengatasi rasa sakit yang berlebihan. Kandungan bawang merah juga ada vitamin C yang akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga menjadi makanan sehat ibu hamil. Bawang merah juga mengandung biotin, mangan dan kalium yang bisa mendukung kesehatan ibu hamil.

4. Kencur, memberikan manfaat dalam meringankan batuk pada ibu hamil, mengatasi masuk angin, dan meringankan sakit tenggorokan.

Rempah-rempah ini sangat bagus untuk dikonsumsi ataupun diolah sebagai makanan sehat ibu hamil. Lalu, apakah susu hamil itu penting? Dasarnya susu hamil itu hanya sebagai tambahan menu pada ibu hamil, ada banyak khasiat yang ditawarkan oleh susu hamil, contohnya seperti membantu ibu untuk mengurangi rasa mual. Jadi, kalaupun ingin tetap meminum susu hamil untuk menambah nutrisi dan suplemen bagi ibu hamil juga tidak menjadi masalah. Semuanya tergantung pada kondisi si ibu dan janin, juga tergantung pada selera ibu hamil itu sendiri.

 

Demikian beberapa ulasan mengenai manfaat rempah-rempah untuk ibu hamil, semoga bermanfaat untuk Anda pribadi ataupun untuk orang-orang yang Anda sayangi. Dan semoga dengan mengetahui kandungan juga manfaat rempah-rempah, dan dapat menjadi masukan untuk Anda memasukkan rempah-rempah tersebut sebagai bahan olahan makanan sehat ibu hamil.

Be the first to comment on "Rempah Sebagai Pelengkap Makanan Sehat Ibu Hamil"

Leave a comment