Perkembangan bayi usia 8 bulan Yang Perlu Anda Tahu

perkembangan bayi 8 bulanSource: Pinterest

BeritaCampur.com – Ketika usia bayi Ibu menginjak 8 bulan, maka sudah sewajarnya bila perhatian yang tercurah pun harus lebih besar dari sebelumnya. Ibu tak bisa lagi meletakkan barang sembarangan karena bayi mulai menarik dan meraih semua benda. Perkembangan bayi 8 bulan salah satunya adalah rasa penasaran dan ingin bergerak bebas yang semakin tinggi, ini merupakan salah satu ciri bahwa bayi sehat. Banyak orang tua yang merasa kesulitan dalam mengawasi bayinya di usia ini. Berikut beberapa informasi mengenai tumbuh kembang sistem motorik pada pada tahap perkembangan bayi 8 bulan :

Tumbuh Kembang Sistem Motorik Bayi

Di usianya yang baru 8 bulan ini, bayi sudah banyak belajar mengenai keseimbangan dan sedang mempersiapkan dirinya untuk dapat berdiri sendiri. Oleh karena itulah, bayi selalu mencari pegangan apa saja di sekitarnya. Tak jarang, ia akan mencari meja ataupun kursi sebagai tempat melatih keseimbangan terutama pada bagian kaki dan punggung.

Pada tahap perkembangan bayi 8 bulan ini, bayi sama sekali belum bisa melepas pegangan dari Ibu maupun benda yang keras karena sebenarnya, ia hanya perlu sekedar berdiri untuk memperkuat kaki dan belajar mempertahankan keseimbangan tubuh. Ia akan mulai menggunakan tangan, kaki, hingga panggul untuk gerakan naik turun sebagai persiapan belajar berdiri.

Ibu dapat memberikan motivasi bagi bayi agar dapat bergerak dengan cara meletakkan mainan favoritnya. Hal ini tentu saja dapat membantu memperkuat fisiknya sebelum bayi masuk ke tahap tumbuh kembang selanjutnya.

Perkembangan bayi usia 8 bulan juga ditandai dengan semakin pintarnya ia melatih hingga mengatur koordinasi jari dan tangan. Hal ini terbukti dari bayi yang sering memegang berbagai benda dalam genggamannya, kemudian melemparkan lagi benda itu jauh-jauh. Ibu tak perlu cemas, karena ini merupakan bagian dari latihan diri terhadapan penerapan sistem motorik tubuh si buah hati. Selain itu, bayi di usia 8 bulan sudah sangat mampu untuk bangun setelah merangkak ke posisi duduk dengan mandiri. Orang tua hanya perlu sekedar mengawasi saja karena bayi sudah cukup mampu untuk duduk dengan posisi tegak tanpa bantuan. Bila ia sudah mampu duduk dengan sempurna, hingga berdiri sambil berpegangan, tetapi malah belum bisa banyak merangkak, ada baiknya agar Ibu tak panik. Bila di usia 8 bulan, bayi belum bisa merangkak, sebenarnya sangat wajar karena ia membutuhkan latihan yang lebih sering hanya untuk berguling dan belajar tentang keseimbangan.

Perkembangan bayi usia 8 bulan lainnya adalah sudah bisa menentukan benda apa yang menjadi favoritnya dan sudah bisa mencari benda-benda lain yang menarik. Ia pun mampu mengenai benda seperti bentuk kotak, lingkaran, hingga balok. Ibu bisa memberikan mainan-mainan dengan beragam bentuk untuk melatih ketrampilan motoriknya. Bukan hanya bentuknya saja yang mencuri perhatiannya, tetapi juga ukurannya. Biasanya, bayi akan menggunakan jarinya untuk meraih benda yang berukuran kecil, lalu memasukkannya ke dalam mulut. Itulah sebabnya mengapa orang tua wajib mengawasi putra dan putrinya agar tidak menelan benda kecil yang bisa menyebabkan hilangnya nyawa karena tersedak.

Sebagian orang tua merasa cemas bila bayinya tidak tumbuh sesuai tahapan yang diharapkan. Tahukah Ibu, bahwa ada bayi yang tumbuh melewati tahap tertentu, tetapi pertumbuhan tersebut malah dinilai sangat normal. Terkadang, bayi hanya butuh waktu beberapa saat untuk menjelajah dunianya. Sebagai orang tua, Ibu tak perlu membatasi keinginannya. Terus awasi tanpa menghakimi.

Demikian artikel yang bisa Ibu jadikan panduan ketika memasuki tahapan perkembangan bayi 8 bulan. Jangan lupa, imbangi aktivitas harian si kecil dengan asupan nutrisi penting. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment on "Perkembangan bayi usia 8 bulan Yang Perlu Anda Tahu"

Leave a comment