Perkembangan Bayi 7 Bulan Dan Cara Menstimulasinya

perkembangan bayi 7 bulanSumber: Mom365

Sebagai seorang ibu, tentu akan memperhatikan tumbuh kembang si kecil. Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, tentu perkembangan bayi 7 bulan harus menjadi perhatian khusus. Apalagi si kecil berkembang sangat cepat dan menyerap begitu banyak informasi.  Sehingga dapat melakukan semuanya atau mungkin memilih untuk fokus melatih diri hanya pada satu hal. Percayalah bahwa bayi Anda memiliki kecepatannya sendiri.

Keterampilan Motorik

Perkembangan bayi 7 bulan akan mulai menunjukkan tanda-tanda kemandirian yang meningkat setiap minggunya. Dia merayap, bergeser, berguling, merangkak, atau menggabungkan keempat gerakan. Anda dapat mendorong kemampuan baru ini dengan menempatkan mainan dalam jangkauan bayi. Pastikan bayi aman saat menjelajah dengan menyingkirkan mainan atau benda lain yang berisi potongan kecil atau tajam. Dia sekarang dapat duduk tanpa bantuan dan meraih serta mengambil mainan menggunakan kedua tangan. Anda dapat membantunya dengan melatih gerak ke atas dan ke bawah pada lutut. Ini akan memperkuat otot-otot kaki mereka agar siap untuk berjalan serta membuat mereka terbiasa berdiri tegak.

Tumbuh Gigi

Di antara usia lima dan tujuh bulan, tunas gigi kecil pertama muncul dari gusi. Bayi yang sedang tumbuh gigi akan mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya. Untuk menenangkan ketidaknyamanan pada gusi, berikan bayi kain lap dingin atau mainan gigi untuk dikunyah. Setelah beberapa gigi pertama muncul, sikatlah setiap hari dengan sikat gigi bayi yang lembut. Dua gigi tengah bawah akan muncul terlebih dahulu, diikuti oleh dua gigi tengah atas. Pola tumbuh gigi sangat bervariasi. Usia rata-rata untuk tumbuh gigi adalah lima hingga enam bulan, meskipun dapat dimulai paling cepat tiga bulan atau hingga 12 bulan.

Pola Makan

Bayi yang berusia 7 bulan seharusnya sudah mulai makan makanan padat. Sekarang bisa diperkenalkan buah-buahan dan sayuran yang dihaluskan. Tawarkan dia 4 sendok makan sereal yang diperkaya zat besi setiap hari. Menambahkan makanan yang lebih berat ini akan membantu bayi Anda menyesuaikan diri dengan tekstur baru dan belajar cara mengunyah. Setiap kali Anda memperkenalkan makanan baru, tunggu beberapa hari sebelum mencoba yang lain dan perhatikan tanda-tanda alergi seperti diare, muntah, ruam, atau mengi.

Kemampuan Komunikasi

Bayi usia tujuh bulan mulai mengerti arti bahasa. Dia harus merespons ketika Anda mengatakan “tidak”, meskipun tidak selalu mengikuti perintah itu. Mereka juga mulai menjadi ahli dalam komunikasi nonverbal. Si kecil dapat membuat berbagai macam ekspresi dengan wajah mereka dan mereka dapat memahami bagaimana perasaan dengan nada suara dan ekspresi wajah Anda. Bayi juga harus berkomunikasi secara lisan dengan membuat banyak suara yang berbeda seperti tertawa, meniup gelembung, dan mengoceh dalam rantai konsonan seperti “da-da-da.”

Memori

Memori pada bayi 7 bulan telah berkembang secara signifikan, dia mulai memahami bahwa sesuatu itu ada meskipun mereka tidak dapat melihatnya. Anda dapat mendukungnya dengan memainkan game Ci-luk-Baa untuk memperlihatkan bahwa benda-benda yang hilang dapat kembali. Coba juga memasukkan mainan atau balok ke dalam kotak kardus dan tutup.

Bayi belajar dengan meniru

Jadi jangan terkejut jika ‘mainan’ favorit mereka adalah barang-barang penting yang sering Anda gunakan seperti kunci mobil, ponsel, lipstick, dan sebagainya. Momen Ramadan ini sangat tepat untuk mengajarkan mereka beribadah. Mengajaknya bertarawih  ke masjid, mengajaknya mengaji, sahur serta  berbuka akan sangat menyenangkan. Untuk menstimulasi memori dan keterampilan mendengarkan, ajaklah dia mengaji atau menirukan doa.

Demikianlah uraian Perkembangan bayi 7 bulan dan optimalisasinya selama bulan Ramadan. Yang perlu diingat adalah setiap bayi berbeda.  Mereka akan melakukan hal-hal sesuai dengan kecepatan mereka sendiri dan dalam waktu mereka sendiri.

Be the first to comment on "Perkembangan Bayi 7 Bulan Dan Cara Menstimulasinya"

Leave a comment