Perkembangan bayi 32 – 33 bulan

Orangtua mana yang tak senang anaknya bertambah besar dan pintar sesuai dengan kalender perkembangan bayi? Disamping itu, tingkah lucu dan polosnya semakin membuat gemas bukan?

Berat badan normal anak usia 32-33 bulan berbeda antara anak laki-laki dan perempuan. Anak yang berada antara batas normal bawah dan batas normal atas untuk laki-laki 10.8 kg sampai 15.4 kg sedangkan perempuan 10.3 kg sampai 15.4 kg termasuk dalam berat badan normal sesuai usianya. Anak yang beratnya berada di bawah batas normal bawah untuk laki-laki < 10.8 kg dan untuk perempuan < 10.3 kg termasuk underweight (berat badan kurang). Bagi anak yang beratnya berada di bawah nilai underweight untuk laki-laki < 9.6 kg dan perempuan < 9.1 kg harus memperoleh penanganan dari dokter karena kemungkinan besar terjadi gizi buruk. Anak yang beratnya berada di atas batas atas normal termasuk overweight, untuk laki-laki > 17.4 kg dan perempuan > 17.1 kg (kelebihan berat badan). Aturlah pola makan yang baik dan benar untuk menurunkan berat badannya. Sedangkan anak yang beratnya berada di atas nilai overweight yaitu laki-laki > 19.6 kg dan perempuan > 19.6 kg harus diwaspadai sebagai gejala obesitas.

Pada anak usia 32-33 bulan, perkembangan anak Anda sudah sampai dapat mengidentifikasi dan menyebutkan beberapa bagian tubuhnya ketika kita tanyakan. Begitupun juga dengan pengenalan pada gambar yang kita tunjukkan, saat ini dia sudah mampu menyebutkan dengan benar beberapa nama dari gambar yang kita sodorkan. Secara motorik, keseimbangan tubuhnya juga sudah berkembang pesat, dia mungkin sudah mampu berdiri di atas satu kaki tanpa terjatuh selama beberapa saat.

Perkembangan anak usia ini juga cukup pesat dalam mencoba mengeksplorasi kemampuan verbal mereka. Batita Anda saat ini sudah memiliki banyak kosakata yang mungkin tidak pernah kita duga. Bahkan dia sudah bisa menyebutkan namanya sendiri dan juga bisa menyebutkan nama Ayah serta Ibunya. Saat kita bertanya, mereka akan mencoba menjawab dengan rangkaian kata meskipun belum begitu sempurna. Ada baiknya jika kita ikut menyempurnakan struktur bahasanya dan biasanya mereka akan belajar mengikutinya. Dan suatu saat dia akan mencoba merangkai kata dengan struktur yang lebih rumit.

Buah hati Anda juga sudah mulai belajar mandiri dengan berusaha bisa menggosok gigi sendiri. Selain itu, ia juga sudah mencoba mulai belajar melepaskan dan mengenakan bajunya sendiri, dia juga sudah bisa menyebutkan beberapa warna, dan bisa menyebutkan nama teman-temannya satu-persatu.

Aktivitas si kecil mulai meningkat. Si kecil perlahan dapat mengembangkan kemampuan untuk mengendalikan tindakannya. Namun ia masih rentan terhadap perilaku negatif seperti mendorong, berteriak, dan mengamuk.

Berikan anak dengan makanan susu rendah lemak, produk olahan susu seperti keju atau yogurt, sereal dengan tambahan zat besi, buah-buahan segar maupun buah kaleng, sayur-sayuran yang telah dipotong kecil dan dimasak hingga matang, protein dari telur, daging sapi, daging ayam, ikan tanpa duri, tahu, selai kacang, dan buncis, makanan kombo seperti macaroni dan keju serat kaserol, dan jus buah. Sebaiknya makanan padat bisa Ibu berikan 3 kali sehari dengan 2 kali selingan atau camilan.

Sebagai orangtua yang baik, ajak juga anak untuk bermain di luar karena dengan bergerak akan membantunya membangun kekuatan dan meningkatkan koordinasi antar anggota tubuh, ajari anak untuk memakai dan membuka baju dengan kancing di depan, ajari anak untuk memakai dan melepas kaos kaki dan sepatu sendiri, ajari anak untuk menurunkan celana jika ingin ke WC, ajari anak untuk menggosok gigi, ajaklah juga anak untuk mencuci tangan sebelum makan, dan ajak anak untuk berkomunikasi agar semakin terlatih dan dapat berbicara dengan lancar sesuai kalender perkembangan bayi.

Be the first to comment on "Perkembangan bayi 32 – 33 bulan"

Leave a comment