Pentingnya Waktu Berkualitas Dalam Tumbuh Kembang Anak

tumbuh kembang anak usia 3 tahunSumber: Kids.programata

Pada tumbuh kembang anak usia 3 tahun, baik otak maupun fisiknya sudah berkembang sedemikian pesat. Emosi dan karakternya pun semakin mengalami peningkatan. Usia ini adalah usia dimana otaknya mengalami perkembanga tinggi dalam menyerap segala informasi dari apa yang didapat oleh panca indranya. Walaupun sedari dini Ibu dan Ayah sudah mengajarkan tentang kemandirian dan mengelola emosi, namun mereka tetaplah anak yang membutuhkan kasih sayang kedua orang tuanya.

Tumbuh kembang anak usia 3 tahun sangatlah membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang lebih dari Ayah dan Ibu. Sering-seringlah berinteraksi dengan mereka untuk menumbuhkan rasa aman dan nyaman pada diri mereka. Karena di masa ini, orang tualah yang diyakininya sebagai pelindung dari semua ketakutan yang terjadi. Ciptakan waktu yang berkualitas selama bersama anak, agar anak merasa dimiliki dan memiliki orang tua.

Banyak hal yang bisa saja menjadi kendala anak tidak merasa orang tuanya memiliki waktu untuknya. Masalah ini bukan selalu menjadi kesulitan bagi orang tua bekerja saja, bahkan seorang Ibu yang hanya tinggal di rumah saja pun juga terkadang tidak memiliki waktu. Sebenarnya, seberapa pentingnya sih berbagi waktu dengan si kecil?

Jika orang tua hanya asik sibuk sendiri dengan kegiatan dan rutinitasnya masing-masing, membiarkan anak tumbuh kembang tanpa pengawasan dan seiring waktu yang ada, jika suatu hari Ibu dan Ayah mendapati sikap dan tingkah lakunya tidak sesuai dengan keinginan kalian, jangan marah! Jangan menghujatnya seolah seluruh sifat tersebut telah menjadi bawaan lahirnya. Karakter yang tercipta pada dirinya, memang takdir yang telah tertulis untuknya. Kalian tidak pantas untuk menghinanya seperti itu.

Waktu yang Ayah dan Ibu gunakan hanya untuk memuaskan keinginan pribadi, atau terlalu sibuk bekerja sehingga tidak memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan si kecil, akan membuat anak tumbuh dan berkembang tanpa kendali. Kekecewaan demi kekecewaan yang dirasakan dari pengabaian orang tua akan berdampak buruk pada sifat dan emosi yang dimiliki oleh anak. Maka tidak jarang, anak akan mengolah emosi tersebut dengan melampiaskannya kepada orang di sekitarnya, menjadi pemarah, pembangkang, gangguan intelektualitas, tidak percaya diri, susah bergaul, dan masih banyak hal yang bisa terjadi.

Jika Ayah dan Ibu menganggap anak sebagai prioritas utama karena itu sibuk mencari penghasilan, namun tak pernah memiliki waktu sedikitpun untuknya, segera rubah mindset tersebut. Anak dalam masa tumbuh kembang, terutama di usia 3 tahun, lebih membutuhkan perhatian dan kasih sayang. Saangat penting untuk meluangkan waktu untuk berbagi aktivitas dan kegiatan dengannya. Ciptakan waktu yang berkualitas dan tunjukan padanya bahwa dia adalah hal yang terpenting untuk Ibu dan Ayah.

Kesibukan jangan menjadi alasan untuk tidak pernah berinteraksi bersama. Harus mengatur waktu setiap hari dan lakukan aktivitas keluarga. Di waktu-waktu itu juga Ibu dan Ayah bisa menjelaskan pekerjaan yang membuat mereka sering tidak bisa bersama dan memanfaat waktu sebaik-baiknya saat berkumpul.

Waktu-waktu yang bisa dijadikan sebagai kegiatan bersama dan menciptakan waktu berkualitas di sela rutinitas setiap hari, antara lain :

  1. Usahakan untuk mengantarnya setiap pagi ketika turun sekolah
  2. Makan bersama harus menjadi ajang berkumpul keluarga
  3. Berkumpul setelah makan, sebaiknya jangan menyalakan televisi. Buat waktu itu, menjadi berharga dengan mengetahui kegiatan anak hari ini, mengetahui pendapatan dan keinginannya
  4. Menjelang tidur, Ayah dan Ibu bisa menceritakan kisah dan dongeng yang memiliki makna dalam pengembangan anak.

Tumbuh kembang anak usia 3 tahun tidak bisa begitu saja menyerahkan pendidikan perilaku dan kepandaian kepada para pengasuh ataupun guru-guru. Orang tua juga harus berperan penting dalam pembentukan pola asuh. Bentuk karakter yang baik dan bertanggung jawab pada buah hati dengan memberikan pengarahan dan contoh langsung, karena hal tersebut sangat penting hingga dewasa kelak.

Be the first to comment on "Pentingnya Waktu Berkualitas Dalam Tumbuh Kembang Anak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*