Nutrisi Yang Perlu Dikonsumsi Ibu Hamil Yang Puasa

makanan sehat untuk ibu hamilSumber: organicwoman

Kehamilan bukan berarti bunda tidak bisa melaksanakan puasa, asal bisa mengimbangi dengan makanan sehat untuk ibu hamil. Selama tidak ada larangan dari dokter dan kesehatan mumpuni, bunda bisa mengolah berbagai makanan dengan bahan-bahan dengan nutrisi berkualitas.

Konsumsi ibu hamil tentu tidak bisa sembarangan. Biar nutrisinya dipenuhi, bunda kudu memenuhinya dengan:

  1. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks yang bisa bunda makan adalah beras merah, gandum, kacang-kacangan, pasta dan ubi jalar. Karbohidrat ini sangat penting bagi ibu hamil yang ingin menjalankan puasa karena bunda membutuhkan energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Dan hanya karbohidrat bisa memberikannya secara perlahan. Bunda bisa merasakan tenaga bunda bertambah setelah mengkonsumsinya sehabis berbuka puasa.

  1. Makanan berprotein tinggi

Protein mengandung lemak, baik lemak nabati maupun hewani. Dia bisa menjadi sumber tenaga bagi tubuh bunda untuk waktu yang cukup lama ketika bunda menjalani puasa. Bekerjasama dengan karbohidrat, dia memberikan kalori yang bisa gunakan. Makanan-makanan yang kaya akan protein adalah daging sapi, ayam, ikan, tahu, tempe, kacang-kacangan, telur, susu dan keju.

  1. Makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi akan memperbaiki pencernaan bunda yang sedang hamil. Perubahan hormon estrogen dalam tubuh ibu hamil bisa menyebabkan oto tubuh menjadi kaku termasuk otot usus besar dan halus. Akibatnya, bunda jadi sembelit. Untuk itulah makanan berserat tinggi saat dianjurkan. Makanan yang berserat tinggi yang bisa bunda konsumsi adalah sayur-sayuran seperti asparagus, arthicoke, brokoli, kembang kol, timur, kurma dan barley.

  1. Lemak sehat

Makanan sehat yang mengandung lemak Omega 3 sangat penting bagi ibu hamil. Karena mereka akan membantu pertumbuhan janin di dalam kandungan. Biasanya ibu yang rajin mengkonsumsi Omega 3 akan menghasilkan anak yang cerdas. Lemak sehat ini juga menjaga badan bunda dari diabetes karena memiliki kemampuan menstabilkan gula darah.

Lemak sehat banyak ditemukan di ikan seperti salmon, tuna kaleng, ikan sarde, lele, ikan nila dan hasil laut seperti udang dan kepiting.

  1. Buah

Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan juga serat yang bisa membuat bunda dan juga janin tetap sehat. Selain itu buah-buahan juga mengandung gula alami yang bisa memberikan rasa kenyang dan mengurangi keletihan sehabis puasa seharian. Selain itu buah juga bagus untuk pencernaan. Konsumsilah buah pada saat berbuka sebelum makan makanan padat lainnya. Buah yang baik dikonsumsi adalah apel, pepaya, pir, jeruk, pisang, semangka dan mangga.

  1. Air Putih

Minuman yang cukup akan mencegah bunda dari dehidrasi. Tentu minuman yang paling sehat adalah air putih. Konsumsilah segelas air putih pada saat berbuka untuk memberikan kesegaran bagi tubuh. Selain itu jangan lupa minum 8 gelas sehari supaya makanan yang tubuh kita yang 80% terdiri dari air bisa berfungsi normal. Serat juga bekerja baik bila dia mendapatkan konsumsi air yang cukup.

Setelah mengetahui bahan makanan yang baik, bunda juga mengerti cara mengelola yang tepat. Hindari makanan mentah, panggang dan goreng agar kesehatan bunda dan janin tetap terjaga. Pastikan memakan buah yang dipotong dan bukan di jus atau blender untuk mendapatkan manfaat yang sempurna. Sayuran juga sebaiknya dikukus dengan ditaruh sedikit garam dan bumbu-bumbu khas Indonesia lainnya.

Sekalipun pengolahannya agak terbatas, tapi makanan sehat untuk ibu hamil ini akan menjaga dan melancarkan kehamilan bunda loh. Jadi tetap semangat berpuasa dan mari merayakan kemenangan bersama!

Be the first to comment on "Nutrisi Yang Perlu Dikonsumsi Ibu Hamil Yang Puasa"

Leave a comment