Mie sebagai Pengganti Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Gizi Untuk Ibu HamilSumber: natashaskitchen.com

Masa kehamilan merupakan masa dimana segala hal bisa berubah pada hidup Ibu. Termasuk salah satunya adalah kebiasaan makan. Tak sedikit ibu hamil yang mendadak alergi dengan yang namanya nasi, padahal nasi merupakan salah satu bahan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Lalu bagaimana bila Ibu termasuk salah satu di antaranya? Apakah ada makanan pengganti nasi?

Tentu saja ada, karena karbohidrat sebagai salah satu kebutuhan nutrisi ibu hamil juga bisa kita temukan pada bahan lain, seperti mie, spaghetti, kwetiau misalnya.

Alternatif makanan pengganti nasi sangat banyak. Ibu tak perlu khawatir. Yang terpenting, jangan sampai kehilangan nafsu makan dan kekurangan asupan karbohidrat sehingga mempengaruhi kebutuhan nutrisi Ibu saat hamil.

Pada dasarnya, mie dan nasi sama-sama merupakan sumber karbohidrat, bahkan mie dan nasi terkadang sering dikonsumsi bersamaan. Karbohidrat adalah salah satu jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, tentunya juga merupakan salah satu zat penting bagi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Karbohidrat berperan sebagai sumber energi utama yang dikenal juga sebagai makanan pokok. Di dalam tubuh, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang kemudian berperan sebagai bahan bakar bagi sel-sel tubuh.

Mie dan nasi merupakan sumber karbohidrat bagi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Sebagai perbandingan, 100 gram nasi putih mengandung kalori sebesar 175 kkal. Untuk kalori yang sama, dibutuhkan 50 gram mie (mentah atau kering). Jadi dalam jumlah yang sama, misalnya sama-sama 100 gram, mie akan menyumbangkan kalori yang lebih besar. Tetapi jika Ibu bertanya mana yang lebih sehat, maka baik nasi putih maupun mie yang biasa Ibu konsumsi keduanya kurang lebih sama. Karena jenis karbohidrat yang Ibu konsumsi lebih penting, jika dibandingkan dengan berapa banyak karbohidrat yang Ibu makan.

Selain sifat bawaan dari mie maupun nasi, bagaimana Ibu menyantap jenis makanan ini juga mempengaruhi apakah salah satunya lebih sehat atau tidak. Nah, bagi ibu hamil yang gemar mengkonsumsi mie sebenarnya boleh-boleh saja asalkan jumlahnya diperhatikan. Jangan sampai setiap harinya konsumsi gizi dari makanan yang ibu dapat hanya bersumber dari mie, sebab hal ini tidak akan dapat mencukupi kebutuhan gizi harian tentunya. Ibu juga perlu makanan utama yang mengandung gizi serta nutrisi yang baik seperti sayuran, buah-buahan, ikan, daging, susu dan makanan lainnya karena kebutuhan nutrisi ibu hamil, merupakan hal yang penting dan harus dicermati.

Bagi Ibu yang sulit menghindari atau ingin mengkonsumsi mie sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah, asalkan mie diolah dengan baik dan benar, seperti langkah-langkah berikut :

  • Kurangi kandungan garam dan gunakan bahan-bahan alami, serta hindari penggunaan MSG.
  • Tingkatkan gizi olahan mie Ibu dengan menambahkan bahan makanan padat gizi, seperti misalnya potongan wortel, sawi, telur, kacang polong, tomat atau jenis sayur lain menurut selera.
  • Memasak mie sebaiknya dengan dua langkah. Langkah pertama rebus terlebih dahulu mie hingga hampir matang, lalu tiriskan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan pengawet yang ada pada mie. Langkah berikutnya, panaskan air sekitar 400 ml. Setelah mendidih masukan telur, selang satu menit masukan bumbu dan sayuran, setelah setengah menit masukan mie. Aduk sebentar hingga matang, dan mie siap disajikan untuk disantap.
  • Imbangi dengan konsumsi makanan kaya gizi di waktu lain, agar kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin di dalam kandungan tetap terpenuhi.

Masih ragu untuk mengkonsumsi mie sebagai pengganti asupan karbohidrat? Tentu saja tidakan, Ibu? Selama Ibu memperhatikan jumlah dari asupan yang Ibu konsumsi, kenapa mesti bimbang untuk memakannya. Atau sebagai alternatif lain, Ibu juga bisa mencoba resep spaghetti sehat untuk ibu hamil.

Be the first to comment on "Mie sebagai Pengganti Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil"

Leave a comment