Meningkatkan Kecerdasan Anak Melalui Musik

Berita Campur – Anda pasti pernah mendengar bahwa musik bisa mempengaruhi kecerdasan anak. Tapi percayakah Anda pada hal ini? Bagaimana bisa musik yang hanya didengarkan mampu berpengaruh pada kecerdasan otak? Fakta yang telah ada akan menjawab keraguan Anda terhadap hal ini.

Banyak orang mengatakan bahwa jenis musik mozart adalah musik yang sudah terbukti mencerdaskan. Tapi Anda perlu tahu, ada banyak jenis musik lain yang juga bermanfaat untuk kecerdasan otak. Bahkan sudah ada banyak orang yang melakukan penelitian untuk mengetahui efek dari berbagai jenis musik lain.

Pengaruh Musik Pada Perkembangan Otak Anak

Mungkin selama ini Anda memberikan susu balita terbaik agar otak anak berkembang sangat baik. Tentu itu hal yang tidak salah. Apalagi jika Anda memberika Susu Frisian Flag. Selain terdapat kandungan nutrisi otak, Anda juga bisa ikut tukar poin dengan harga dengan mengetahui bagaimana cara tukar poin Frisian Flag.

Namun, siapa sangka jika kecerdasan seorang anak bisa ditingkatkan melalui musik. Pada faktanya, terbukti bahwa kecerdasan emosional dan intelegensi anak yang terbiasa mendengarkan musik sejak kecil lebih berkembang jika dibandingkan dengan kecerdasan anak yang jarang mendengarkan musik.

Di dalam otak manusia terdapat sinyal penerima atau reseptor yang mampu mengenali musik. Bahkan anak-anak dan bayi pun sudah mampu menerima musik yang mereka dengarkan. Jenis musik yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecerdasan anak ini adalah musik yang mempunyai keseimbangan 3 unsur melodi, ritme, dan timbre.

Musik adalah salah satu cara stimulasi agar otak anak lebih cepat berkembang. Hal ini karena saat anak mendengar musik maka kognisi anak akan meningkat secara optimal. Tidak hanya itu, musik juga bisa membangun kecerdasan emosional anak. Menjadikan otak anak lebih mudah tanggap menerima hal baru.

Bagi anak-anak mendengarkan musik bisa juga bisa meningkatkan perkembangan motorik, melatih kemampuan berbahasa dan matematika sekaligus membangun jiwa sosial dan kepercayaan diri pada anak. Itulah sebabnya, musik mampu mempengaruhi emosional dan perkembangan anak.

Tidak hanya mendengarkan musik saja, anak-anak juga bisa belajar musik dan bernyanyi untuk meningkatkan kecerdasannya. Anak usia 3-6 tahun adalah masa yang sangat tepat untuk anak mulai belajar mengenal musik, karena pada masa ini perkembangan pendengaran anak sedang dalam fase terbaik.

Musik mempunyai unsur-unsur yang mampu membantu kecerdasan otak anak, seperti tanda birama, tinggi rendah nada, dinamika, hingga ketinggian nada dari satu nada ke nada yang lain. Unsur-unsur tersebut mampu membuat anak belajar matematika, berekspresi, fantasi dan juga mengontrol emosi sehingga secara tidak langsung kecerdasan anak juga anak meningkat.

Genre Musik yang Membantu Mencerdaskan

Jenis musik mozart memang sudah banyak diketahui bisa mencerdaskan otak. Tapi bukan berarti jenis musik lain tidak bisa membantu menstimulasi perkembangan otak anak. Berikut ini beberapa jenis musik selain musik mozart yang dapat membantu mencerdaskan otak anak :

Musik R&B

Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat atau upbeat mampu membuat efek yang bagus pada perkembangan otak kiri. Tempo lagu R&B yang cepat tidak akan memecahkan konsentrasi anak saat belajar tapi justru akan menjadikan otak lebih tenang dan dapat membantu agar sang anak tetap terjaga. Karena itu musik jenis ini cocok untuk menemani anak yang sedang belajar ilmu pengetahuan sosial, sastra, kewarganegaraan atau bidang studi lain yang membuat otak kiri bekerja untuk menganalisis.

Musik Pop dan Rock

Genre musik pop dan rock ternyata bagus untuk perkembangan otak bagian kanan. Otak kanan adalah bagian otak yang memiliki pemikiran yang kreatif dan penuh dengan imajinasi. Jadi mendengarkan musik pop atau rock sambil belajar kesenian adalah hal yang tepat. Karena dianggap mampu merangsang perasaan gembira dan meningkatkan kinerja otak agar lebih kreatif.

Manfaat Musik Pada Kecerdasan Anak

Semua orang pasti pernah mendengarkan musik, tidak terkecuali juga anak-anak dan bayi. Kebiasaan mendengarkan musik sejak usia dini dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan balita dan kemampuan otaknya. Musik diyakini memberikan manfaat yang baik untuk mencerdaskan anak seperti berikut ini :

Meningkatkan Kekuatan Otak Anak

Dengan mendengarkan musik terbukti mampu merangsang otak yang berperan membantu untuk membaca, matematika dan juga perkembangan emosional pada anak. Karena itu, manfaat musik yang pertama adalah mampu meningkatkan kekuatan otak anak.

Meningkatkan Daya Ingat Anak

Mendengarkan musik ataupun bernyanyi juga dapat meningkatkan daya ingat atau memori otak anak. Dengan mengenal musik, otak anak akan lebih aktif bekerja mengingat-ingat nada ataupun lirik sehingga secara otomatis akan meningkatkan kemampuan memori anak.

Meningkatkan Kecerdasan Spasial Anak

Kecerdasan spasial berguna agar anak mampu memecahkan masalah seperti pada matematika, arsitektur, teknik atau seni. Dan mendengarkan musik ternyata juga mampu meningkatkan kecerdasan spesial ini.

Membantu Sosial Anak Untuk Berkembang

Mendengarkan musik juga mampu meningkatkan kemampuan bahasa anak sehingga berpengaruh pada perkembangan sosial anak. Karena musik sudah terbukti mampu merangsang otak kiri yang berperan dalam mengembangkan bahasa mampu tumbuh lebih baik.

Membangun Kepercayaan Diri Anak

Manfaat musik pada kecerdasan anak yang lain adalah membangun kepercayaan diri anak. Manfaat yang satu ini benar-benar tidak terduga, namun pada kenyataannya anak-anak yang sering menyukai musik akan lebih percaya diri saat tampil di depan umum.

Meningkatkan IQ Anak

Intelegent quotien atau IQ bisa ditingkatkan dengan mendengarkan musik. Karena didalam musik terdapat beberapa unsur  seperti irama atau ritme yang mampu membuat kinerja otak anak meningkat.

Meningkatkan Aktivitas Otak Anak

Musik juga telah terbukti membuat aktivitas otak anak meningkat. Kebiasaan anak bermain musik atau hanya mendengarkan mampu meningkatkan kemampuan motorik halus dan jaringan otak yang berpengaruh pada perkembangan kemampuan mereka.

Pada dasarnya mendengarkan musik mampu menimbulkan rasa nyaman dan bahagia sehingga membuat otak lebih tenang dan siap menerima hal baru. Dengan keadaan otak yang seperti ini maka intelektual akan lebih mudah meningkat karena anak cepat tanggap dalam menerima informasi dan berkonsentrasi.
Apakah musik saja yang dapat meningkatkan kepintaran si kecil? Tentu tidak. Masih banyak cara membuat anak cerdas sesuai dengan usianya. Tapi, sebagai permulaan, musik masih menjadi cara paling mudah, menyenangkan, dan fleksibel dalam tingkatkan kemampuan otak si kecil.

Be the first to comment on "Meningkatkan Kecerdasan Anak Melalui Musik"

Leave a comment