Mengetahui Lebih Jauh Tentang Suhu Tubuh Normal Bayi

suhu tubuh normal bayiSumber: Owlet Blog

Di bulan Ramadan, tentu seluruh umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa. Namun bagi ibu hamil dan menyusui diberikan keringanan untuk tidak berpuasa sesuai dengan alasan syar’i. Salah satu alasan tersebut adalah karena sang ibu mengkhawatikan kondisi bayinya. Mengetahui suhu tubuh normal bayi sangat penting. Karena beberapa penyakit bisa terdeteksi secara dini dengan melihat gejala panas tubuh. Namun, tidak perlu terlalu khawatir berlebihan jika suhu tubuh bayi Anda mengalami perubahan, kecuali dengan disertai gejala lain yang perlu diwaspadai.

Berapakah kisaran suhu normal untuk bayi?

Kemampuan tubuh untuk mengatur perubahan suhu akan semakin baik saat usia bertambah. Secara umum, orang tua lebih sulit menyimpan panas. Sehingga memiliki suhu tubuh yang lebih rendah dibandingkan bayi. Suhu tubuh normal si kecil, rata-rata berkisar dari 97,9°F (36,6°C) hingga 99°F (37,2°C). Suhu normal ini dapat bervariasi sesuai dengan waktu pengukuran diambil, metode pengecekan dan perangkat yang digunakan.

Berapakah suhu yang dianggap tinggi untuk bayi (mengalami demam)?

Bayi dengan usia di bawah 3 bulan yang memiliki suhu tubuh lebih dari 38°C, maka dianggap mengalami demam. Sementara untuk bayi diatas 3 bulan maka suhu minimal 38,5 °C adalah batasan demam. Untuk memutuskan apakah demam tersebut mengkhawatirkan, selain pengecekan suhu, perlu juga diperiksa riwayat kesehatan, tanda khusus, dan gejala aktvitas bayi. Karena bisa jadi suhu tinggi pada bayi tersebut disebabkan oleh hal yang sepele, seperti cuaca panas, pemakaian pakaian berlapis, baju hangat, atau selimut.

Bagaimanakah terbaik untuk mengukur suhu bayi?

Meskipun metode pengukuran ini tidak nyaman dan agak sulit dilakukan, tapi pengukuran suhu tubuh yang paling akurat adalah dengan menggunakan termometer rektum (pada anus). Bagi orang tua, pengukuran yang paling umum adalah menggunakan termometer yang ditempatkan di telinga, diletakkan di lipatan ketiak, atau mulut. Kini juga ada pengukuran modern yang menggunakan teknologi inframerah dan dapat diambil dari jarak jauh.  Hasil pengukuran suhu di ketiak lebih rendah daripada penempatan termometer di mulut, dan pembacaan suhu di mulut lebih rendah daripada telinga atau rektum.

Apa penyebab umum demam pada bayi?

Penyebab paling umum untuk demam ringan (berlangsung tidak lebih dari 48 jam) infeksi virus seperti pilek dan flu.  Hal ini adalah sebuah pertanda baik, karena sistem kekebalan tubuh anak sedang bekerja melawan infeksi. Bayi yang sedang tumbuh gigi juga bisa mengalami demam, tapi biasanya peningkatan suhunya tidak lebih dari 38,5°C. Namun yang perlu menjadi catatan adalah demam itu bukan penyakit, melainkan gejala adanya penyakit atau peradangan.

Pada suhu berapa ada kekhawatiran dan apa yang harus dilakukan orangtua?

Tingkat demam tidak selalu terkait dengan tingkat keparahan penyakit yang menjadi penyebab demam. Namun pada bayi yang berusia di bawah tiga bulan harus segera diperiksakan ke dokter. Gejala yang perlu diwaspadai adalah jika anak menunjukkan tanda-tanda kekakuan leher atau terganggu oleh cahaya, karena ini adalah tanda-tanda kemungkinan meningitis. Tanda-tanda lain yang harus diperhatikan adalah muntah berlebihan, karena ini menimbulkan risiko dehidrasi, adanya ruam, kesulitan bernapas atau kantuk berlebihan. Jika gejala-gejala di atas muncul pada bayi segeralah periksa ke dokter.

Apa yang harus dilakukan untuk menurunkan suhu?

Untuk tindakan pertama saat terjadi demam adalah berilah asupan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Untuk ibu menyususi tetap berikan ASI. Semasa Bulan Ramadan tentu ibu yang berpuasa harus menjaga pola makan dan asupan cairan yang cukup.  Pemberian parasetamol atau ibuprofen juga membantu meringankan beberapa gejala. Namun, menurunkan suhu tidak akan mengobati infeksi, hanya akan membuat mereka lebih nyaman.  Jangan gunakan pakaian tebal namun tetap berhati-hati agar tidak membuat anak terlalu kedinginan. Serta jangan lupa mengompres dengan air hangat.

Nah, suhu tubuh normal bayi bisa menjadi rujukan para ibu agar tidak panik dan tetap bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment on "Mengetahui Lebih Jauh Tentang Suhu Tubuh Normal Bayi"

Leave a comment