Mari Mengenal Perkembangan Janin Usia 7 Minggu Di Kandungan Ibu

perkembangan janin usia 7 mingguSource: kadinvehastaliklari.com

BeritaCampur.com – Pemeriksaan berkala wajib dilakukan untuk mengetahui tumbuh kembang bayi bagi Ibu dan Ayah yang sedang menanti kehadiran buah hati. Di usia kehamilan minggu ke-7, secara fisik belum terlihat perubahan yang berarti pada bentuk tubuh Ibu. Bahkan mungkin orang-orang di sekitar tidak menyadari jika Ibu sedang hamil muda. Ini dikarenakan bayi masih dalam bentuk embrio. Perkiraan panjangnya masih sekitar 12-14mm.

Walaupun belum ada perubahan yang berarti dari bentuk tubuh Ibu, pada perkembangan janin usia 7 minggu ini, Ibu akan mulai merasakan morning sickness atau perasaan mual dan muntah. Nafsu makan Ibu pun akan mulai terganggu. Pada periode minggu ini juga, Ibu akan merasakan cepat lelah. Produksi air kencing yang meningkat akibat dari volume cairan di ginjal yang semakin tinggi.

Jika Ibu mulai merasakan ada perubahan dari dalam diri Ibu dan merasa gejala-gejala kehamilan, ada baiknya Ibu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan ataupun bidan. Sehingga  Ibu  dapat mengetahui perubahan apa yang terjadi di rahim Ibu dalam masa perkembangan janin usia 7 minggu. Pemeriksaan berkalapun dilakukan untuk mengetahui tumbuh kembang bayi sebagai untuk menjaga janin agar tetap sehat.

Ada beberapa perkembangan janin yang terjadi di usia 7 minggu ini :

  1. Dalam masa perkembangan janin usia 7 minggu, janin masih disebut embrio. Bentuknya yang masih kecil dan pergerakan yang belum stabil, sehingga embrio terkadang timbul dan terkadang hilang.
  2. Jantung bayisudah terbentuk dan detakan jantung sudah mulai bekerja. Dalam minggu ini juga telah ada pembagian jantung, yaitu jantung bilik kiri dan kanan.
  3. Perkembangan bayi di minggu ini juga ditandai dengan otak yang semakin berkembang. Bentuk otak terlihat lebih besar dari bagian yang lainnya.
  4. Saraf embrio semakin mengalami perkembangan. Dalam masa ini juga, otot embrio sudah terbentuk dan mulai bekerjasama dengan saraf untuk pertama kalinya.
  5. Perkembangan janin usia 7 minggu telah terbentuk sistem pernapasan yang hampir kompleks. Paru-paru embrio juga sudah terbentuk pembagiannya, yaitu paru-paru bilik kanan dan kiri.
  6. Tangan bayi dalam tahap ini juga sudah mulai memanjang. Terbagi dua dengan membentuk lengan dan bahu. Bakal tunas jemari bayi sudah mulai ada, yang masih terlindungi oleh selaput yang membungkusnya.
  7. Sistem pencernaan bakal janin masih terus mengalami perkembangan. Plasenta yang menghubungkan bayi dengan pasokan nutrisi dan oksigen ke janin, juga hampir sempurna terbentuk.
  8. Dalam perkembangan janin di minggu ke 7 ini juga, fitur wajah semakin terbentuk jelas. Hidung bayi sudah dapat terlihat oleh alat USG. Kelopak mata bakal janinpun sudah mulai terbentu lipatannya.
  9. Usia 7 minggu perkembangan embrio masih belum bisa menentukan jenis kelamin dari cabang janin. Walaupun sudah terbentuk, namun ukurannya terlalu kecil untuk dapat dideteksi.

Demikian secara umum perkembangan yang terjadi pada janin usia 7 minggu. Masa ini Ibu harus berhati-hati untuk menjaga bakal janin dalam kandungan Ibu. Karena dalam minggu ini, kehamilan Ibu masih sangat rentan.

Teraturlah dalam melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, agar kesehatan cabang bayi dan juga Ibu sendiri selama proses kehamilan tetap terjaga. Pola hidup sehat dan diet kehamilan yang tepat, akan membantu Ibu untuk selalu bugar. Perhatikan juga asupan dan nutrisi, agar Ibu dan bayi selalu dalam keadaan kuat.

Leave a comment