Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan

BeritaCampur.com – Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan kita sangatlah banyak. Buah strawberry yang segar adalah termasuk buah-buahan yang paling populer dan mengandung banyak khasiat alami untuk kesehatan tubuh kita. Strawberry ini berada dalam jajaran makanan sehat alami yang memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda.
Manfaat mengonsumsi buah dan sayuran yang banyak, termasuk stroberi, dapat mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Asupan buah dan sayuran yang banyak juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan energi, dan menurunkan berat badan. Mengkonsumsi buah dan sayuran secara signifikan dapat menurunkan risiko obesitas yang memicu penyakit jantung hingga kematian.

 

Beberapa manfaat buah strawberry yang perlu anda ketahui :

–     Penyakit jantung
–     Pukulan
–     Kanker
–     Tekanan darah
–     Sembelit
–     Alergi dan asma
–     Diabetes
–     Kehamilan
–     Mencegah Depresi
–     Gizi rusak

 

1. Penyakit Jantung.

Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi anthocyanin secara teratur, yaitu zat sejenis flavonoid yang ditemukan dalam buah beri, dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 32 persen pada wanita muda dan orang paruh baya.

Menurut penulis studi utama Aedin Cassidy, Ph.D., seorang ahli gizi di Norwich Medical School di Inggris,
Wanita yang mengkonsumsi setidaknya tiga porsi stroberi atau blueberry per minggu, memiliki kesehatan yang sangat baik.
Zat quercetin flavonoid, yang terdapat dalam stroberi, adalah antiinflamasi alami yang berdampak mengurangi risiko aterosklerosis dan melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol jahat (LDL).

Kandungan polifenol tinggi pada stroberi juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan mencegah pembentukan trombosit dan mengurangi tekanan darah melalui mekanisme anti-inflamasi.

Penelitian lain menunjukkan bahwa mengonsumsi stroberi membantu menurunkan kadar homosistein, asam amino dalam darah yang berkaitan dengan kerusakan lapisan dalam arteri.

Serat dan potasium pada stroberi juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian, partisipan yang mengkonsumsi 4,069 miligram potassium per hari memiliki risiko kematian 49 persen lebih rendah akibat penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang kurang mengkonsumsi potasium (sekitar 1.000 miligram per hari).

 

2. Stroke

Antioksidan quercetin, kaempferol, dan antosianin semuanya telah terbukti mengurangi pembentukan bekuan darah berbahaya yang dapat memicu stroke. Asupan kalium yang tinggi kedalam tubuh kita juga dapat menurunkan resiko terkena stroke.

 

3. Kanker

Seperti disebutkan di atas, stroberi mengandung antioksidan kuat yang bekerja melawan radikal bebas, menghambat pertumbuhan tumor, dan mengurangi peradangan di tubuh.

 

4. Tekanan Darah

Karena kandungan potasiumnya yang tinggi, stroberi direkomendasikan kepada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi untuk mengurangi sodium dalam tubuh. Kekurangan zat kalium didalam tubuh sama berbahayanya dengan anda yang sering mengkonsumsi makanan dengan zat sodium yang berpotensi menaikkan tekanan darah tinggi.Menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional, kurang dari 2 persen orang dewasa Amerika memenuhi rekomendasi 4.700-miligram harian untuk potasium.

Juga diperhatikan, asupan potassium tinggi dapat mengurangi angka kematian sampai 20% dari semua penyakit yang terdapat pada tubuh.

 

5. Sembelit

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar air dan serat tinggi, seperti stroberi, anggur, semangka, dan blewah dapat membantu proses dehidrasi dalam tubuh sehingga menyebabkan gerakan usus anda teratur.

Serat sangat penting untuk mencegah sembelit dan membantu melancarkan pembuangan pada tubuh anda.

 

6. Alergi dan Asma

Karena efek antiinflamasi kuersetin yang terdapat pada strawberry, dapat membantu mengurangi gejala alergi, termasuk pilek, mata berair, dan berbagai penyakit lain nya.
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin c juga dapat menurangi resiko penyakit asma.

 

7. Diabetes

Stroberi adalah buah yang mengandung indeks glikemik rendah dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Itu dapat membantu mengatur gula darah agar tetap stabil dan menghindari naik turun nya kadar tekanan darah yang ekstrem.

Stroberi adalah pilihan buah yang cerdas untuk penderita diabetes, karena mereka memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan buah lainnya.

Riset menemukan pada tahun 2011 bahwa makan sekitar 37 stroberi sehari dapat secara signifikan mengurangi komplikasi diabetes seperti penyakit ginjal dan neuropati.

8. Kehamilan

Asupan asam folat sangat penting bagi wanita hamil untuk melindungi dari cacat tabung saraf pada bayi. Banyak mengkonsumsi strawberry pada saat kehamilan terbukti sangat ampuh untuk menjaga kesehatan baik untuk si ibu dan bayinya sendiri.

 

9. Depresi

Folat juga dapat membantu mengurangi depresi dengan cara mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan di tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lainnya mencapai otak.

Kelebihan homocysteine mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinephrine yang terasa baik, yang mengatur tidak hanya suasana hati, tapi juga tidur dan nafsu makan.

 

Rincian kandungan nutrisi yang ada pada buah strawberry.

Strawberry adalah buah yang kaya nutrisi seperti vitamin C, potassium, asam folat, dan serat. Jika anda mengkonsumsi 1 piring strawberry segar, itu mengandung 160 persen vitamin C yang direkomendasikan setiap hari dimana tubuh membutuhkan minimal 50 kalori per harinya.

Rincian Nutrisi pada buah strawberry :

Ukuran Penyajian: 1 mangkok penuh irisan buah strawberry mengandung :

–     Kalori: 50
–     Protein: 1 gram
–     Karbohidrat: 11,65 gram
–     Serat makanan: 3,81 gram
–     Kalsium: 23,24 miligram
–     Besi: 0,63 miligram
–     Magnesium: 16,60 miligram
–     Fosfor: 31,54 miligram
–     Kalium: 44,82 miligram
–     Selenium: 1,16 miligram
–     Vitamin C: 94,12 miligram
–     Folat: 29,38 mikrogram
–     Vitamin A: 44,82 unit internasional

Buah Strawberry juga mengandung antioksidan anthocyanin, asam ellagic, quercetin, dan kaempferol, yang semuanya telah terbukti memiliki efek perlindungan untuk tubuh terhadap beberapa jenis penyakit kanker.

Be the first to comment on "Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan"

Leave a comment