Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Wajib Di Trisemester Pertama

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Wajib Di Trisemester Pertama

Mendengar berita kehamilan adalah kabar yang sangat membahagiakan bagi suami istri yang memang sangat menunggu kehadiran sang buah hati. Apalagi jika berita itu diterima pada saat bulan suci Ramadhan, tentu saja hal ini akan menjadi berkah yang luar biasa. Pada saat hamil, seorang wanita memang boleh untuk tidak berpuasa dan menggantinya di kemudian hari atau membayar fidyah. Namun, jikapun dirasa mampu, seorang ibu hamil boleh berpuasa asalkan nutrisi dan makanan sehat untuk ibu hamil terpenuhi, dan tubuhnya kuat serta tidak mempengaruhi janinnya.

Jika kehamilan ibu berada di trisemester pertama, kondisi kandungan memang masih sangat rentan terhadap keguguran. Oleh karena itu diwajibkan untuk selalu menjaga kesehatan dan kondisi tubuh, ada baiknya untuk tidak melakukan puasa terlebih dahulu untuk saat ini. Karena diwaktu ini, kebutuhan tubuh untuk siap setiap saat dalam memenuhi nutrisi akan makanan sehat untuk ibu hamil sangat diperlukan.

Berikut ini adalah makanan sehat yang wajib dikonsumsi untuk ibu hamil di trisemester pertama :

-. Asam folat

Asam folat sangat penting dikonsumsi semenjak dari awal kehamilan. Karena hal ini dapat mencegah atau menurunkan resiko terjadinya cacat tabung saraf otak pada janin. Selain itu, dengan mengkonsumsi minimal 400 mikrogram perhari asam folat, dapat memproduksi sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia yang biasa melanda ibu hamil. Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah asam folat dapat menguatkan kandungan sehingga resiko keguguran berkurang. Makanan yang mengandung banyak asam folat bisa ibu temui pada makanan seperti kacang merah, selada, brokoli, wortel, jagung, alpukat, stroberi, jambu biji, bayam, asparagu, kacang polong dan masih banyak lagi.

2. Zat besi

Selama masa kehamilan muda, ibu akan merasakan mudah lelah dan lesu. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kurangnya sel darah merah atau ibu diserang anemia. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi akan sangat membantu mengatasi hal ini. Banyak-banyaklah mengkonsumsi beras merah, biji-bijian, daging sapi, unggas, salmon, dan kacang-kacangan, karena sumber makanan ini memang kaya akan zat besi.

3. Protein

Protein bukan hanya dibutuhkan oleh ibu saja saat mengandung, tapi peranannya sangat besar untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi yang ada di dalam kandungan. Kebutuhan protein yang diperlukan oleh ibu hamil setiap harinya adalah 70 gram. Sumber makanan yang memiliki kualitas terbaik sebagai sumber protein bisa didapatkan pada daging merah, ikan, telur, ayam, kacang-kacangan, biji-bijian dan susu.

4. Kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang yang kuat. Selama masa kehamilan, kebutuhan akan kalsium sangat meningkat. Selain untuk kebutuhan tulang ibu, kalsium juga diperlukan untuk membangun tulang dan membantu pertumbuhan organ-organ bayi selama masa kehamilan agar sehat. Kalsium tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh kita, oleh karena itu membutuhkan makanan atau asupan dari luar untuk pemenuhannya. Ibu bisa mendapatkannya dari produk susu khusus ibu hamil, keju, atau keju yang rendah lemak.

5. Air

Mencukupi kebutuhan air selama masa kehamilan sangatlah wajib dilakukan oleh ibu hamil. Bukan hanya untuk menjaga kesehatannya saja, namun juga memberikan dampak yang postifi bagi janin yang ada dalam kandungan. Ada segudang manfaat yang diberikan oleh air, seperti mencegah dehidrasi, memperlancar peredaran darah, menyerap nutrisi menjadi lebih baik, mencegah sembelit yang kerap dirasakan oleh ibu hamil, menyeimbangkan suhu tubuh, dan masih banyak lagi.

Selain memperhatikan makanan sehat untuk ibu hamil seperti di atas, yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah pantangan yang tidak boleh dimakan saat mengandung. Sebaiknya, pada trismester pertama kehamilan, hindari mengkonsumsi makanan mentah, setengah matang ataupun makanan yang tidak dipasteurisasi. Beberapa jenis seafood juga sebaiknya dihindari karena bisa jadi terpapar merkuri, seperti ikan tongkol, makarel dan kakap putih.

Walaupun pada trisemester pertama kehamilan, Ibu sebaiknya tidak mengikuti puasa karena diharuskan untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil lebih sering namun dalam porsi yang sedikit. Namun hal ini bisa disiasati dengan perbanyak amal ibadah lain untuk meningkatkan keimanan. Jangan dipaksakan untuk tetap berpuasa jika kondisi masih rentan seperti saat sekarang ini.

Be the first to comment on "Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Wajib Di Trisemester Pertama"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*