Inilah 12 Makanan Sehat Untuk Jantung Kita

Makanan Sehat Untuk Jantung

BeritaCampur.com – Kita harus banyak makan Makanan Sehat Untuk Jantung kita. Jantung merupakan salah satu organ tubuh kita yang paling penting, oleh karena itu menjaga pola makan semenjak dini adalah cara yang paling efektif untuk memiliki jantung yang sehat. Lebih baik mencegah daripada mengobati, Untuk terhindar dari penyakit jantung, Anda harus menjalani pola hidup sehat. Sebuah penelitian, menemukan hasil penelitiannya bahwa dengan pola hidup yang baik, seperti olah raga teratur, tidak merokok, dan memilih makanan sehat, mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 82%.

Berikut ini adalah makanan yang dapat membantu menyehatkan badan terutama jantung kita :

 

1. Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang populer dan banyak disukai oleh orang. Semangka merupakan buah dengan sumber vitamin C dan A, serta kalium dan magnesium. Semangka adalah buah yang berkalori rendah yang kaya serat dan sumber antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh kita tentunya. Semangka juga mengandung sumber likopen yang luar biasa, sehingga dapat menjaga kita supaya tidak terkena gangguan jantung dan kanker. Semangka juga kaya akan citrulline, zat yang dapat memperbaiki kesehatan pembuluh darah kita dan bahkan memiliki manfaat bagi penderita disfungsi ereksi dan diabetes.

 

2. Yoghurt

Selain rasanya yang enak, yoghurt juga merupakan salah satu makanan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung kita. Yoghurt berfungsi melindungi kita dari penyakit gusi, dimana dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Sebaiknya pilih yoghurt yang rendah lemak, karena mengandung antioksidan, vitamin, serat dan probiotik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, pencernaan dan kebugaran tubuh pada keseluruhan. Yoghurt juga sangat lezat bila dicampur dengan semangkuk buah-buahan segar, dimana khasiatnya akan tambah bermanfaat bagi tubuh anda.

 

3. Tomat

Seperti semangka, tomat juga kaya akan vitamin c dan likopen. Kandungan zat asam alfa lipolic pada tomat juga dapat berfungsi mengontrol glukosa dalam darah, meningkatkan vasodilatasi dan melindungi terhadap retinopati pada orang yang terkena diabetes. Mengkonsumsi serat, kalium, vitamin c, dan kolin yang ada pada tomat sangatlah bermanfaat untuk kesehatan jantung anda. Meningkatkan asupan makanan dengan asupan kalium tinggi disertai dengan mengurangi asupan natrium juga penting untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

4. Alpukat
Alpukat adalah buah yang akan lemak tak jenuh tunggal yang merupakan sumber potasium dan mineral yang dapat berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah pada tubuh anda. Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin c, serat dan karotenoid pada alpukat. Karotenoid telah dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Selain kaya akan serat, alpukat telah terbukti membantu tubuh menyerap antioksidan lainnya saat dimakan dengan sayuran seperti bayam dan wortel.

5. BERRIES

Buah beri (strawberry, blackberry, blueberry) adalah buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan, yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung anda. Buah berry membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat menurunkan tekanan darah Selain itu buah berry juga rendah kalori dan bebas lemak, dimana mengandung nutrisi yang mendorong pertumbuhan tulang dan dapat mengkonversi minyak menjadi energi. Buah berry banyak mengandung polifenol yang telah terbukti dapat meningkatkan kadar oksida nitrat, merupakan molekul yang menyebabkan pembuluh darah dapat bekerja dengan lebih santai.

 

6. Collard Greens (Sawi Hijau)
Collard greens (sawi hijau) termasuk sayuran yang rendah kalori dan nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung, sayur sawi mengandung vitamin K, A dan C, serta folat, mangan, kalsium dan serat. Nutrisi penting ini memungkinkan darah anda menggumpal secara normal, membantu mencegah kalsifikasi arteri anda dan bahkan melindungi tulang anda menjadi lebih kuat. Sayur sawi membantu mengikat asam empedu di saluran pencernaan, yang berfungsi menurunkan kolesterol pada tubuh.

 

7. Kacang Merah

Tahukah anda, makan setengah mangkok kacang merah sehari akan membantu menjaga jantung anda dalam kondisi optimal. Kacang mengandung serat larut yang berfungsi mengikat kolesterol dan mencegahnya untuk tidak terserap kedalam usus. Sehingga ini membantu menjaga tubuh anda menjadi lebih sehat. Campurkan kacang merah ke dalam sup dan sayur-sayuran lainnya untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk jantung kita.

 

8. Kacang Walnut

Kacang Walnut ( Kenari) adalah salah satu kacang yang memiliki banyak khasiat bermanfaat bagi jantung kita. Kandungan asam lemak tidak jenuh tunggal, asam lemak omega 3, asam linoleat, dan asam arakidonat pada kacang walnut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Selain itu kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya juga mampu mencegah terjadinya pembentukan plak lemak di jantung yang bisa membahayakan tubuh. Cukup makan 2 ons sehari telah terbukti memperbaiki fungsi pembuluh darah dan juga dipercaya dapat melindungi anda dari penyakit jantung.

 

9. Salmon

Jika anda rutin memakan salmon setiap hari, itu akan memompa darah dan jantung anda dalam kondisi prima. Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan salmon secara teratur setiap minggu nya, dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner hingga 30%. Ikan salmon mengandung lemak omega 3 yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu menjaga irama detak jantung anda menjadi lebih teratur. Sajikan salmon dengan sayur-sayuran seperti sawi hijau, itu menambah jantung anda menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

10.Almond

Almond adalah salah satu makanan pilihan anda untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian, makan 1 mangkuk almond dalam sehari telah terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Almond juga kaya akan vitamin E, serat dan protein dimana semua nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk menjaga jantung anda tetap dalam kondisi prima.

 

11. Kacang Polong

Campurkan kacang polong ke dalam semangkuk pasta atau salad, atau campurkan juga ke dalam sup beserta sayuran sebagai lauk anda sehari-hari. Kandungan omega 3 pada kacang polong dapat menurunkan kolesterol atau lemak jahat. Omega 3 merupakan lemak tak jenuh atau lemak baik yang berperan dalam menetralisir kelebihan lemak jenuh penyebab kolesterol. Satu mangkuk kacang polong mengandung kurang dari 100 kalori dengan komposisi nutrisi mikronutrien, serat dan protein yang melimpah.

 

12. Oatmeal

Oatmeal dapat menjaga kesehatan jantung anda dan membantu anda mempertahankan berat badan anda agar menjadi ideal. Menjaga tubuh agar tetap sehat dan ideal adalah salah satu faktor anda terhindar dari obesitas, dimana dapat memicu serangan jantung. Mulailah pagi hari anda dengan semangkuk oatmeal untuk membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan juga kandungan serat nya juga baik untuk kesehatan jantung anda.

Be the first to comment on "Inilah 12 Makanan Sehat Untuk Jantung Kita"

Leave a comment