Bulan Ramadhan, Mendidik Anak Bersedekah

Seorang ibu selalu mencari cara mendidik anak untuk melakukan perbuatan baik. Apalagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, bunda ingin mengajarkan anak bersedekah kepada orang-orang yang tidak mampu. Mari temukan manfaat dan tips mengajarikan si kecil bersedekah sejak dini agar dia menjadi anak yang baik kepribadiannya.

Seorang anak yang tumbuh dalam keluarga yang serba mencukupi mungkin tidaklah terbiasa bersedekah. Apalagi dia tumbuh di lingkungan yang orang-orang memiliki taraf hidup yang sama atau lebih. Di bulan Ramadhan ini, bunda bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin mengajarkan si kecil bersedekah. Semakin cepat dia memahaminya, semakin dia akan tumbuh jadi orang yang suka memberi dan menolong orang-orang yang tidak mampu.

Manfaat mengajarkan anak bersedekah sejak dini

Bersedekah adalah suatu bentuk tindakan nyata untuk menolong sesama yang kurang beruntung. Dan bersedekah ini sangat penting bagi perkembangan jiwa dan sosial anak-anak. Anak kecil tentu tidak menyadari pentingnya bersedekah secara otomatis, maka diperlukan bunda dan ayah untuk menanamkan nilai-nilai kepada mereka sejak dini.

Pada kebiasaan bersedekah ini, anak-anak akan mengetahui kalau mereka bisa berbuat sesuatu untuk orang-ornag yang kurang beruntung. Anak juga belajar untuk tulus dan ikhlas, dalam arti tidak mengharapkan balasan dari orang-orang yang mereka telah bantu. Bahkan banyak sekali anak yang menemukan makna keberadaan dirinya lewat kegiatan sosial seperti ini.

Hal tak kalah penting dari bersedekah adalah si kecil belajar mengatur keuangannya. Bunda bisa mengajarkan si kecil untuk menyisihkan sebagian uang jajannya untuk menolong orang yang kurang mampu. Atau bahkan dia belajar kreatif atau memutar otak bagaimana mendapatkan uang atau bantuan untuk orang-orang yang kurang mampu. Seperti mengadakan charity atau menyampaikan keinginannya lewat sosial media.

Tips Membiasakan Anak Untuk Bersedekah

1. Ayah dan Bunda sering bersedekah

Buat ayah dan bunda yang sering menolong orang lain baik tetangga yang kurang mampu atau berkunjung ke panti asuhan, kalian telah memiliki awal yang baik. Si kecil mungkin tidak langsung mengerti apa yang ayah dan bunda lakukan, tetapi dia akan meniru dari orang tua dalam berbuat kebajikan.

2. Memberikan penjelasan untuk menumbuhkan empati

Bunda perlu menumbuhkan empati pada si kecil. Bunda bisa menjelaskan bahwa banyak saudara-saudaranya yang kurang beruntung. Bila bunda berkunjung ke panti asuhan misalkan, bunda bisa menceritakan kalau anak-anak sebayanya tidak memiliki orang tua yang merawat dan membelikan hadiah. Kadang mereka juga ada yang kesulitan sekolah atau memiliki tempat tinggal yang kurang layak. Si kecil yang juga diajak untuk bersosialisi dengan mereka untuk menimbulkan rasa peduli pada sesama.

3. Tidak terpaku pada materil

Bunda bisa menjelaskan kalau semua mainan yang dimiliki si kecil tidaklah lebih penting dari orang-orang yang di sekitar si kecil. Biarkan mereka mengerti menolong orang jauh lebih berguna karena mengubah kehidupan orang lain. Selain itu, bunda bisa merayakan ulang tahun anak di panti asuhan atau mengundang tetangga-tetangga yang kurang mampu untuk makan bersama di restoran. Bunda perlu tanamkan pentingnya berbagi dan membuat orang lain bahagia lebih memuaskan dibanding hanya terfokus ke diri sendiri.

4. Libatkan si kecil dalam kegiatan sosial

Selain bunda mengajak si kecil untuk melakukan kegiatan sosial, bunda bisa melibatkan si kecil. Misalkan dalam bantu belanja untuk orang-orang yang kurang mampu. Bunda bisa memberikan daftar nama dan memberikan kejelasan apa yang dibutuhkan mereka. Ajaklah si kecil untuk berpikir bersama dan menentukan sedekah yang tepat untuk mereka.

Bunda juga jangan lupa untuk menanamkan kalau memberi tidak selalu dalam bentuk materi. Tetapi peka akan kebutuhan orang misalkan membantu teman yang kurang pintar untuk belajar bersama.

5. Menanamkan keihlasan

Saat kita melakukan sedekah, tentunya kepada orang lain yang tidak bisa membalaskan balik ke kita. Anak-anak perlu diajarkan memberi tanpa pamrih ataupun pujian. Bunda mengajarkan anak bersyukur dengan apa yang ada dan jangan perhitungan.

Begitulah cara mendidik anak untuk suka bersedekah. Mari dipraktekkan ya bunda di bulan suci Ramadhan ini.

Be the first to comment on "Bulan Ramadhan, Mendidik Anak Bersedekah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*