Braxton Hicks, Kontraksi Yang Umum Dialami Oleh Ibu Hamil

Sumber: momtricks.com

Pernah nggak Bunda mengalami rasa nyeri di area perut dan mengira bahwa Bunda akan melakukan proses persalinan? Pasti pernah deh kalo Bunda sedang hamil. Tapi ternyata, rasa nyeri tersebut terkadang tidak menandakan bahwa Bunda akan langsung melakukan proses kelahiran lho. Seringkali pada trimester kedua dan ketiga pada masa kehamilan, para Bunda akan mengalami tanda kontraksi yang bernama Braxton Hicks.

Terdengar kurang familiar ya Bun? Ini adalah satu jenis kontraksi yang terjadi pada Bunda yang sedang hamil dengan gejala Rahim yang mengencang dan mengendur dalam beberapa waktu. Kalau Bunda sudah mengalami hal ini, tandanya Bunda akan segera melahirkan dalam beberapa waktu ke depan.

Lalu apa yang menjadi masalah pada kontraksi ini? Karena rasa nyeri yang terjadi pada kontraksi Braxton Hicks dengan kontraksi persalinan yang sesungguhnya hampir sama, maka para Bunda akan sering keliru mengira bahwa Bunda akan melahirkan, padahal belum waktunya, dan begitupun sebaliknya. Merepotkan juga ya Bun? Terlebih lagi karena frekuensi dan intensitas Braxton Hicks semakin meningkat setiap waktunya, Bunda juga akan semakin sulit membedakannya.

Nah, berikut ini tips yang dapat Bunda pelajari untuk membedakan tanda kontraksi persalinan yang sesungguhnya dengan Braxton hicks.

  • Mengetahui Rasa Nyeri

Hal pertama yang dapat Bunda lakukan adalah dengan merasakan letak rasa nyeri berlangsung. Kontraksi persalinan yang sesungguhnya akan terjadi dari perut ke arah pungguh bawah, atau dari punggung bawah ke arah perut. Nyeri yang terjadi pada punggung akan terasa seperti datang dan pergi, dan akan terasa nyeri juga pada area panggul. Jika nyeri kontraksinya hanya berlangsung di jalur perut Bunda saja, itu hanyalah Braxton Hicks kok Bun.

  • Bagaimana rasa nyerinya?

Jika kontraksi berlangsung, coba analisa rasa nyerinya Bun. Jika rasa nyeri tidak terlalu sakit dan tidak bertambah sakit secara terus-menerus, maka yang Bunda alami hanyalah Braxton Hicks. Kontraksi persalinan yang sesungguhnya akan terasa sangat sakit dan akan selalu bertambah sakit setiap waktunya. Jika Bunda masih belum yakin, coba cara yang ketiga.

  • Bagaimana waktu kontraksi?

Nyeri Braxton Hicks akan datang secara tidak teratur dan berjangka waktu. Nyeri ini akan terjadi antara 10-20 menit setiap kontraksi. Berbeda dengan kontraksi persalinan sesungguhnya yang akan terjadi dalam waku yang berdekatan dan berkala. Lamanya kontraksi biasanya sekitar 30-90 detik.

  • Coba Ubah Posisi Saat Kontraksi

Ketika kontraksi berlangsung, cobalah ubah posisi Bunda. Misalnya jika sekarang Bunda duduk, cobalah untuk berdiri, begitupun sebaliknya. Jika rasa nyeri berhenti, maka Bunda hanya mengalami Braxton Hicks. Namun, jika rasa nyeri tak kunjung berhenti dalam beberapa waktu, itu bisa menjadi tanda kontraksi yang sesungguhnya.

  • Berapa usia kehamilan?

Jika usia kehamilan Bunda belum sampai 37 minggu, kemungkinan besar rasa nyeri yang terjadi hanyalah Braxton hicks. Namun, apabila usia kandungan Bunda lebih dari 37 minggu dan mengalami tanda-tanda lain seperti sering buang air kecil, tinja encer dan terlepasnya lender penyumbat, maka Bunda akan segera melahirkan.

Terkadang ada beberapa kasus dimana proses kelahiran berlangsung pada usia kandungan sebelum 37 minggu, itu tandanya Bunda mengalami persalinan. Jika terjadi, segera hubungi dokter kandungan Bunda untuk melakukan pemeriksaan.

Nah, itu tadi tips untuk membedakan tanda kontraksi Braxton hicks dengan persalinan sesungguhnya. Mudah-mudahan Bunda jadi tahu tentang apa itu Braxton hicks, hingga bagaimana cara untuk membedakannya.

Leave a comment