Bijak Menggunakan Tunjangan Hari Raya

Bijak Menggunakan Tunjangan Hari Raya

Bunda yang masih kerja pasti senang ketika tunjangan hari raya alias THR turun. Apalagi setelah melakukan cara menghitung kehamilan yang benar, bunda sudah terpikir untuk belanja untuk berbagai keperluan bayi yang bakal lahir nanti. Tidak lupa juga untuk hunting baju hamil baru, keperluan mudik dan lain sebagainya. Wah, bisa keburu habis tuh kalau tidak dijaga, padahal ke depannya masih banyak pengeluaran loh. Yuk bunda, mari kita bijak menggunakan tunjangan hari raya.

Penggunaan THR sebaiknya disimpan dan digunakan untuk keperluan mendesak saja. Apalagi kalau penghasilan bunda sehari-hari masih bisa ditabung dan digunakan untuk keperluan hari raya. Bunda juga perlu berpikir ke depan karena setelah memiliki anak, bunda bakal mengeluarkan lebih banyak biaya lagi untuk sehari-hari si kecil ataupun pendidikannya.

  1. Sisihkan 40% uang THR untuk ditabung

Bunda mendapat THR lebih dari satu bulan gaji, kami ikut senang untuk bunda. Begitu bunda mendapatkannya, sebaiknya bunda bisa menyisihkan untuk keperluan mendesak mendatang, biaya melahirkan, investasi atau bunda bisa mulai menyisihkan untuk qurban. Biar tetap kuat keinginan menabung, bunda bisa menyiapkan rencana setahun ke depan apa yang bunda mau lakukan dan pengeluarannya.

  1. Hindari sisi konsumtif

Sejak bulan Ramadhan dimulai, bunda pasti melihat banyak tulisan “Sale” di setiap pertokoan. Online shop pun tidak kalah dengan penawaran-penawaran yang menggiurkan. Eits, ingat ya bunda, bunda sedang berada di bulan suci Ramadha yaitu kudu mengendalikan diri dari semua godaan. Bunda bisa membuat daftar barang yang memang dibutuhkan untuk keperluan Ramadhan. Seperti baju baru 2 pasang untuk masing-masing anggota keluarga, kue-kue. Bunda juga sudah menyiapkan uang untuk angpau lebaran dan dana untuk halal bihalal bersama keluarga. Ingat ya bunda, tidak semua barang yang kita inginkan, kita butuhkan.

  1. Menggunakan tabungan untuk mudik & keperluan lebaran

Bunda biasanya sudah tahu kalau bunda akan mudik setiap tahun. Bagusnya adalah bunda sudah menyiapkan tabungan jauh-jauh hari sehingga tidak mengganggu dana Tunjangan Hari Raya Bunda. Bila tidak mencukupi karena berbagai kebutuhan mendesak datang, baiklah bunda bisa menggunakan THR bunda dan juga mulai memutar otak agar penghasilan bunda bertambah.

  1. Menunda Belanja Perlengkapan Bayi

Belanja perlengkapan bayi tidak perlu segera dilakukan begitu THR turun. Bunda bisa mencari tahu terlebih dahulu apakah ada barang-barang yang bunda bisa tidak perlu beli seperti ranjang atau baju bayi dari kerabat. Alasannya ranjang bayi biasanya jarang digunakan dan selama perawatannya bagus, bisa digunakan oleh keluarga lainnya. Sementara baju bayi itu cepat sekali perlu diganti karena pertumbuhan fisik bayi terjadi dengan cepat. Untuk keperluan lainnya, bunda bisa membuat daftar kado untuk orang-orang yang mau selamatan sehingga tidak ada barang-barang yang sama dan menumpuk di gudang.

  1. Memberi Sedekah

Bunda bisa menyiapkan sebagaian THR bunda untuk memberikan sedekah kepada orang-orang yang kurang mampu. Selain rezeki bertambah lancar, kita juga bisa menolong orang lain dan melihat hidup mereka diubahkan karena bantuan bunda. Pahala bunda pasti sangatlah besar.

Begitu tips dari kami bijak dalam menggunakan Tunjangan Hari Raya yang baru saja cair. Buat bunda yang sudah melakukan cara menghitung kehamilan dengan benar dan siap menantikan kelahirkan bayi, kami mendoakan kelancaran persalinan dan kesehatan bunda dan si kecil baik-baik selalu. Kebutuhan finansial ayah dan bunda juga kami yakini selalu surplus. semoga artikel ini dapat membantu cara menghitung kehamilan bunda. Terima kasih

Be the first to comment on "Bijak Menggunakan Tunjangan Hari Raya"

Leave a comment