Bahaya yang terjadi jika salah memilih obat flu untuk ibu hamil

obat flu untuk ibu hamil

Mendapatkan kabar gembira hadirnya seorang bayi di dalam kandungan, akan selalu menjadi momen yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Terlebih lagi kabar itu datangnya di bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh berkah dimana setiap amal ibadah dilipat-gandakan. Memang sebagian ibu hamil memilih untuk tidak berpuasa di bulan ini, namun menjaga janin tetap sehat di dalam kandungan juga merupakan ibadah yang tetap tercatat dalam amalan kita. Kehati-hatian selama kehamilan, menjadi hal utama untuk tidak mengikuti ibadah wajib yang datang setiap setahun sekali ini. namun rentannya ibu terhadap beberapa penyakit yang menyerang, juga mengharuskan Ibu untuk memilih pengobatan tepat yang tidak akan menganggu bayi dalam kandungan, termasuk memilih obat untuk ibu hamil yang benar.

Perubahan hormonal dan juga fisik, membuat daya tahan tubuh ibu menjadi lebih rendah dari biasanya. Flu juga menjadi hal yang kerap dirasakan oleh ibu, terutama di masa pancaroba. Sebagian menganggap ini hanya penyakit ringan, padahal jika dibiarkan akan semakin fatal akibatnya. Jangan meremehkan penyakit ini ataupun memilih sembarang obat flu untuk ibu hamil. Jika lewat dari tiga hari, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter kandungan ataupun petugas kesehatan. Karena bisa terjadi komplikasi yang dapat membahayakan bagi ibu dan juga janin dalam kandungan.

Berikut ini, beberapa bahaya yang bisa terjadi saat flu melanda ketika hamil, antara lain:

1. Bayi lahir prematur

Pada saat ibu terserang penyakit flu, otomatis kondisi kesehatan ibu akan menurun. Berbagai penyakit yang menyertai flu juga akan ibu rasakan seperti demam, menggigil, lemas letih, tidak nafsu makan, anemia akut dan komplikasi lain. Jika dibiarkan berlarut-larut, tentu kesehatan ibu yang sedang buruk ini akan sangat mempengaruhi kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Tidak jarang hal ini dapat menyebabkan bayi lahir sebelum waktunya atau prematur.

2. Berat badan bayi rendah

Hal ini berkaitan dengan bayi lahir secara prematur yang secara otomatis menyebabkan buah hati mengalami BBLR atau berat badan bayi lahir rendah. Belum lagi jika bayi tersebut juga terkena infeksi dari flu yang tersalurkan melalui Ibu, maka tingkat kesakitan dan kematiannya menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang tidak tertular flu

3. Bipolar

Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa Ibu yang selama masa kehamilannya lebih sering terserang flu akut, akan menyebabkan bayi lahir dengan gangguan bipolar. Kondisi ini menyebabkan suasana hati seseorang gampang berubah dengan sangat intensif, mudah depresi, putus asa, dan bahagia berlebihan tanpa mengenal situasi.

4. Schizophrenia

Saat Ibu terserang flu, hal ini dapat mempengaruhi kebutuhan oksigen yang diperlukan oleh tubuh, dimana kebutuhan oksigen janin ibu pun juga akan sangat terpengaruh. Dengan pasokan oksigen yang berkurang, maka volume pada otak besar yang berhubungan dengan daya ingat akan terganggu. Hal inilah yang akan membuat bayi yang kita lahirkan akan berisiko terkena schizophrenia.

5. Autisme

Belum ada penelitian secara akurat yang dapat menghubungkan bayi terlahir dengan gangguan autisme ini dengan flu selama masa kehamilan. Namun dikatakan resikonya menjadi lebih tinggi jika Ibu mengalami flu akut dan demam tinggi selama lebih dari seminggu. Oleh karena itu, menjaga kehati-hatian untuk agar badan selalu fit dan mengkonsumsi obat flu yang tepat saat hamil akan mengurangi resiko ini.

Jangan pernah menganggap penyakit yang datang saat hamil itu sepele, termasuk juga flu. Namun begitu, mengobatinya secara sembarangan juga bukan keputusan bijak. Memilih obat flu untuk ibu hamil yang alami ataupun melakukan vaksinasi influenza, lebih dianjurkan agar terhindari dari kontradiksi yang bisa menganggu perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Selalulah jaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar ibu, serta berusaha untuk tidak mudah stres. Jika ibu tidak berpuasa, melakukan amalan lain yang bernilai spiritual yang menenangkan jiwa akan sangat membantu selama kehamilan. ingat, selalu sediakan obat flu untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment on "Bahaya yang terjadi jika salah memilih obat flu untuk ibu hamil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*