Apakah Warna Pada Buah & Sayuran Memainkan Peran Penting?

konsep tumbuh kembang anakSource: Nutrisystem

BeritaCampur.com – Apakah si kecil sudah mulai bosan dengan makanan yang bunda sajikan? Mungkin sudah saatnya bunda menambahkan beberapa warna makanan ke piringnya. Tidak hanya warna-warna cerah yang membuat makanan terasa lebih menyenangkan untuk dimakan, tetapi buah atau sayuran dengan warna-warna tertentu memiliki memiliki kandungan yang berbeda seperti kalsium, magnesium, vitamin A dan masih banyak lagi.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Antonio Cain, RD, seorang ahli gizi di Children’s Healthcare dari Atlanta yang menyatakan bahwa warna makanan yang berbeda berarti makanan itu mengandung vitamin dan mineral yang berbeda. Jadi tidak ada satu makanan pun yang lengkap nutrisinya, sehingga bunda harus memastikan si kecil mendapatkan nutrisi dari makanan dengan berwarna berbeda. Hal ini agar konsep tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan maksimal.

Berikut beberapa warna makanan yang memiliki nutrisi berbeda.

  • Makanan Berwarna Merah

Jika Anda memilih paprika merah, tomat, ceri, cranberry, raspberry, rhubarb, delima, atau bit, semua buah dan sayuran ini memiliki antioksidan seperi vitamin A (beta karotein), vitamin C, mangan, dan juga serat yang baik untuk kesehatan tubuh terutama jantung. Apel merah bahkan memiliki quercetin yang sangat bagus untuk menangkal penyakit untuk si kecil misalnya pilek, flu, dan alergi. Semangka, tomat, jeruk bali juga memiliki senyawa lycopene yang dapat melawan kanker.

  • Makanan Berwarna Orange

Bahan makanan seperti butternut squash, wortel, kentang manis, melon, jeruk, labu, paprika orange adalah buah dan sayuran yang sehat sarat akan antioksidan. Buah sitrus khususnya memiliki vitamin C, sedangkan wortel memiliki vitamin A untuk penglihatan yang baik. Selain itu bahan makanan itu juga mengandung kalium dan vitamin B6 yang baik untuk tumbuh kembang si kecil.

  • Makanan Berwarna Kuning

Bila menyebutkan warna kuning, maka makanan berwarna kuning pertama yang terlintas dalam pikiran bunda pasti adalah pisang. Makanan ini memiliki serat yang baik untuk pencernaan, kalium untuk mencegah kram, dan vitamin B6 untuk kesehatan tubuh. Sedangkan sayuran berwarna kuning seperti labu kuning dan paprika kuning mengandung mangan, potassium, vitamin A, serat, dan magnesium.

  • Makanan Berwarna Hijau

Hampir semua sayuran berwarna hijau sehat untuk dimakan sehari-hari. Kathy Taylor, RD, direktur nutrisi di Grady Hospital di Atlanta menyatakan bahwa bayam, brokoli, asparagus merupakan sayuran yang sangat disukainya. Karena mengandung lutein untuk membantu penglihatan dan kaya akan folat untuk reproduksi sel dan mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Nutrisi umum yang dikandung bahan makanan dengan warna hijau adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K dan folat.

  • Makanan Berwarna Biru atau Ungu

Makanan yang berwarna biru atau ungu mungkin bagi sebagian bunda masih jarang dilakukan. Bunda bisa mulai menambahkan blueberry pada makanan si kecil. Karena merupakan antioksidan yang paling baik, sesuai dengan pernyataan Sylvia Melendez-Klinger, RD, pendiri Hispanic Food Communications. Ungu juga mewakili antosianin, antioksidan kuat untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan dan mencegah penghancuran kolagen, protein untuk kulit sehat dan berseri. Bunda juga bisa terong ungu, blueberries, blackberries, prunes, plums, pomegranates, anggur, radicchio, kubis ungu, kentang ungu, dan wortel ungu, yang kaya akan vitamin A dan flavonoid.

  • Makanan Berwarna Putih

Makanan berwarna putih yang terbuat dari kembang kol, bengkuang, rutabagas, dan parsnips, jamur mengandung banyak vitamin C, vitamin K, folat, dan serat. Buah-buahan dan sayuran yang berwarna putih mengandung berbagai fitokimia seperti allicin (ditemukan dalam bawang putih) yang dikenal sebagai antivirus dan antibakteri.

Bahan makanan di atas jika bunda kreasikan dan hidangkan dalam piring anak bunda, tentunya akan menambah minatnya untuk makan dan mencukupi nutrisi guna mendukung konsep tumbuh kembang anak.

Be the first to comment on "Apakah Warna Pada Buah & Sayuran Memainkan Peran Penting?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*