Apa Saja Keuntungan Pre-school Bagi Anak Usia 2 Tahun

tumbuh kembang anak usia 2 tahunSumber: Kindercare

Tumbuh kembang anak usia 2 tahun adalah masa-masa di mana dia begitu memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap segala sesuatu. Aktivitasnya dan kegiatannya seakan tidak ada hentinya jika dibiarkan begitu saja. Buah hati sedang gemar-gemarnya mengeksplore lingkungan di sekitarnya. Dia tidak perduli dengan kerapian ruangan atau tatanan yang sudah Ibu buat. Baginya objek yang menarik perhatiannya harus dirasa dan disentuhnya.

Kelincahan anak usia 2 tahun memang sudah sewajarnya. Mereka bertingkah sangat aktif namun juga akan membuat Ibu merasa bahagia. Semua kegiatan  tumbuh kembangnya tersebut akan menguras semua tenaga tanpa disadari olehnya. Maka dari itu, mengimbangi semua keaktifannya, haruslah dengan asupan nutrisi dan gizi seimbang pula. Pilihlah menu-menu menarik dengan takaran gizi yang tepat untuk makanan anak usia 2 tahun.

Pada tumbuh kembang anak di usia 2 tahun ini, dia juga sudah mulai bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya. Buah hati pun sudah mampu untuk diajarkan disiplin dan diterapkan kemandirian. Bagi sebagian orang tua, mungkin malah pernah berfikir untuk menyekolahkan si anak, agar semakin mengasah kemampuan perkembangan otaknya.

Membutuhkan pertimbangan besar untuk menyekolahkan anak di usia tumbuh kembang 2 tahun ini. Namun, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh si anak jika Ibu dan Ayah mantap hati untuk memasukannya ke jenjang pendidikan pre-school.

  1. Membantu stimulasi anak

Fasilitas yang terdapat pada pre-school lebih memadai bagi anak sebagai stimulasi perkembangan otak dan fisiknya. Program-programnya pun memang sudah dirangkai dengan tepat untuk menunjang hal tersebut. Para pendidik yang kompeten telah diajarkan untuk membantu dalam setiap tumbuh kembang anak yang baru berusia 2 tahun tersebut.

  1. Membantu perkembangan sosial

Anak yang telah sekolah di usia tumbuh kembang 2 tahun, akan lebih banyak bertemu guru dan teman-teman baru. Hal ini akan sangat membantunya dalam berinteraksi dan bersosialisasi, sehingga kedepannya akan memahami bagaimana cara bersikaf dan bekerja sama dengan baik. Telah mampu memahami aturan-aturan dan berhubungan dengan teman sebaya ataupun orang sekitarnya di kehidupan yang lebih luas kelak.

  1. Belajar mengolah emosi

Anak usia 2 tahun juga mengalami perkembangan emosi yang pesat. Mereka juga masih belum mengerti bagaimana cara mengontrol emosi tersebut menjadi lebih baik. Menyekolahkan dia di pre-school akan membantu dia dalam mengolah emosi tersebut. Baik empati, simpati dan keegoisan, karena di sekolah dia akan bertemu dengan teman-teman sebayanya yang memiliki karakter dan sifat berbeda. Anak juga akan diajarkan untuk membebaskan diri menjadi diri sendiri sehingga perkembangan dirinya tidak terganggu.

  1. Membangun kepercayaan diri

Dengan memasukan anak usia 2 tahun ke jenjang pendidikan pre-school, program dan pengajarnya akan membantu anak dalam menumbuhkan rasa kepercayaan dirinya. Selain Ibu dan Ayah, guru-guru juga faham dan mengerti tentang menanamkan konsep diri yang kuat pada seorang anak. Pengajar pre-school juga sudah dibekali tentang pentingnya penghargaan atas hasil karya anak dan mampu memberikan masukan postif demi perkembangan keterampilannya.

  1. Membantu anak untuk menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Dengan semua program, aktivitas dan keteraturan waktu yang telah didapatnya selama dia belajar di pre-school, anak tanpa sadar telah mempersiapkan dirinya untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi lagi. Nilai-nilai kemandirian dan kedisiplinan yang telah tertanam di dirinya akan memudahkan dia dalam menyesuaikan diri di lingkungan dan pendidikan baru.

Walaupun begitu banyak keuntungan yang akan didapat jika Ayah dan Ibu memasukan anak ke pre-school, bukan berarti seluruh pendidikannya diserahkan semuanya kepada para pengajar. Tumbuh kembang anak usia 2 tahun haruslah tetap di bawah pemantauan dan perhatian Ibu dan Ayah sebagai orang tua.

Be the first to comment on "Apa Saja Keuntungan Pre-school Bagi Anak Usia 2 Tahun"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*