9 Camilan Sehat Untuk Ibu Hamil Untuk Memenuhi Kalori

Nutrilon RoyalSource: Precision Nutrition

BeritaCampur.com – Mengonsumsi makanan sehat sangat penting untuk perkembangan janin dalam kandungan. Masa kehamilan berarti menambah asupan makanan untuk dua orang, setidaknya membutuhkan sekitar tambahan 300 kalori per hari. Namun di awal kehamilan, banyak Ibu yang terkena gangguan pola makan dan penurunan selera nafsu makan. Beberapa menderita morning sickness yang hebat, sehingga hampir tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Perlu ditekankan bahwa Ibu harus tetap makan, tidak terlalu mengikuti mood atau suasana hati, demi kekuatan tubuh Ibu dan perkembangan janin. Sedangkan bagi Ibu tanpa keluhan nafsu makan, usahakan tetap memperhatikan kandungan gizi, nutrisi yang seimbang, kecukupan vitamin dan mineral.

Ketersediaan nutrisi penting Ibu hamil tidak hanya berasal dari makanan pokok saja. Kudapan sehat tidak akan menyebabkan obesitas atau gangguan kesehatan bagi Ibu dan janin, justru sebaliknya, akan membantu melengkapi kekurangan kalori harian yang dibutuhkan.   Berikut ini 9 jenis kudapan sehat yang wajib dicoba :

1. Yogurt

Mengandung asam amino dan kalsium yang menjadi mineral utama yang dibutuhkan janin. Sebagai produk turunan susu, sudah tentu termasuk dalam kategori super food. Dapat dikonsumsi langsung atau dicampur pada buah dan sayur segar untuk mengurangi serangan morning sick.

2. Salad

Membuat salad, buah atau sayur segar, bukanlah hal yang sulit. Ibu hanya perlu mencampur beberapa potong buah atau sayuran kesukaan. Saus pelengkap dapat menggunakan yogurt, minyak zaitun atau saus kacang, gunakan bergantian supaya tidak bosan. Pilihlah buah dan sayur organik yang terbebas dari pestisida.

3. Sereal

Sereal dapat membantu memenuhi kebutuhan serat, zat besi dan protein yang diperlukan untuk energi Ibu hamil. Gandum memberikan rasa kenyang lebih lama, kadar glikemik rendah membuat sereal masuk dalam jajaran super food. Ibu dapat mengonsumsi sereal secara langsung, mnyampurnya dengan susu atau yogurt.

4. Keju

Sebagai salah satu jenis produk olahan susu, keju memiliki kandungan protein tinggi yang berperan dalam pembentukan sel darah, sel syaraf, penyerapan zat besi, dan lainnya. Jenis terbaik adalah mozarella dan cedar, dapat dikonsumsi secara langsung atau ditambahkan pada makanan lainnya.

5. Kacang-kacangan

Kacang juga mengandung protein yang dibutuhkan janin. Jenis yang paling enak adalah kacang mete, rasanya gurih dan aromanya tidak menyengat. Mengandung omega 3 dan DHA yang biasanya ada pada ikan, berfungsi untuk membantu pembentukan sistem syaraf pada janin. Jenis lainnya adalah kacang hijau, memenuhi kebutuhan karbohidrat harian. Dipercaya sebagai makanan yang dapat menyuburkan rambut calon bayi ini sangat cocok dikonsumsi pada pagi hari sebagai pengganti sarapan.

6. Puding

Camilan sederhana berserat tinggi dan rendah lemak ini dapat membantu Ibu menghilangkan rasa mual dan menghindari dehidrasi. Mengandung banyak mineral guna mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

7. Kurma

Identik sebagai camilan bulan puasa dan lebaran. Kurma memiliki mineral yang mampu mengembalikan energi yang sudah habis dengan cepat. Terdapat banyak jenis kurma yang rasanya nikmat. Dapat disantap langsung atau diolah menjadi jenis camilan lainnya.

8. Kismis

Bagus untuk meperlancar sistem pencernaan. Memiliki kandungan kalium yang akan menjaga kesehatan gusi, gigi, dan tulang. Kismis juga sumber zat besi yang dibutuhkan janin.

9. Ubi

Berbagai jenis ubi tersedia bebas di Indonesia. Mengandung beta karoten yang akan diolah menjadi vitamin A, baik untuk pertumbuhan sel-sel dan sistem kekebalan tubuh janin. Ubi juga mengandung retinol sebagai satu jenis vitamin B. Disarankan untuk mengonsumsi ubi setiap hari, dapat diolah dengan cara direbus atau dipanggang.

Camilan sehat di atas bukan hanya untuk kebutuhan tubuh Ibu selama hamil, sebaiknya terus dikonsumsi saat menyusui demi kebutuhan nurisi bayi Ibu kelak. Sedangkan nutrisi tambahan untuk pertumbuhan si kecil saat usia 1-3 tahun ddidapat melalui Nutrilon Royal Pronutra+.

Kecukupan gizi si kecil sejak  dalam kandungan adalah bekal awal pertumbuhan tubuh yang sempurna dan kecerdasan otaknya di masa mendatang.

Be the first to comment on "9 Camilan Sehat Untuk Ibu Hamil Untuk Memenuhi Kalori"

Leave a comment