11 Vitamin Penjaga Kesehatan Ibu Hamil Yang Perlu Anda Ketahui

hamil sehatSource: femmed.com

BeritaCampur.com –┬áJanin dalam kandungan Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi bayi yang sehat. Untuk itu, sangat penting mengkonsumsi makanan dengan nutrisi dan gizi beragam agar janin dan Ibu hamil sehat hingga proses melahirkan kelak. Ada berbagai jenis vitamin diperlukan Ibu hamil yang bisa didapat melalui makanan. Namun bila kebutuhan vitamin masih kurang, Ibu dapat mengkonsumsi suplemen di bawah pengawasan dokter kandungan dan ahli gizi.

Berikut ini adalah vitamin serta manfaatnya agar janin dan Ibu hamil sehat :

  1. Vitamin A

Dibutuhkan sejak awal kehamilam. Vitamin A membantu pembentukan dan menjaga kesehatan mata janin dan Ibu. Manfaat lainnya adalah untuk menguatkan kuku agar tidak mudah patah, mencegah kerontokan rambut dan mencegah gigi keropos selama kehamilan. Dapat diperoleh dari minyak ikan, wortel, kuning telur, susu dan margarine.

  1. Vitamin K

Vitamin K membantu proses pembentukan usus pada janin dan bermanfaat dalam pembekuan darah. Banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau seperti sawi hijau, kailan dan brokoli.

  1. Vitamin E

Saat masa kehamilan, Ibu memerlukan vitamin E yang berfungsi melindungi asam lemak tubuh dan menjaga kesehatan dinding sel tubuh. Banyak terdapat pada gandum dan taoge, juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap halus dan lembut.

  1. Vitamin D

Vitamin D membantu memudahkan penyerapan kalsium di kelenjar darah dan usus. Juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan gigi dan tulang keropos serta membantu memperkuatnya. Vitamin D dapat diperoleh dari telur ayam kampung, kuning telur, mentega, minyak ikan, susu, serta ikan.

  1. Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan kecerahan warna kulit. Selain itu juga mampu menjaga agar metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik dan lancar. Banyak terdapat pada buah-buahan seperti jambu, jeruk, lemon dan lainnya. Ulasan selengkapnya seputar manfaat Vitamin C dapat Ibu peroleh di

  1. Vitamin B1

Bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan lambung, meringankan gejala mual dan muntah, memperlancar produksi ASI ketika menyusui nanti. Dapat diperoleh pada gandum, hati ayam, kacang-kacangan dan ragi.

  1. Vitamin B2

Bermanfaat untuk mengurai makanan menjadi nutrisi yang dibutuhkan janin. Vitamin B2 sangat diperlukan oleh embrio di minggu pertama kehamilan. Kamdungannya banyak terdapat pada keju, susu, brokoli, jamur, telur dan sayuran hijau.

  1. Vitamin B3

Fungsi utamanya adalah untuk membentuk sel otak janin. Vitamin B3 banyak terdapat pada gandum, ragi, susu, telur, sayuran hijau, dan kacang tanah ini juga dapat membantu mengurangi mual dan muntah, mencegah infeksi gigi dan mencegah pendarahan pada Ibu hamil.

  1. Vitamin B5

Banyak terdapat pada daging ayam, alpukat, semangka, hati, telur, keju, kacang tanah dan ikan sarden. Fungsinya untuk merawat sel darah merah selama kehamilan.

  1. Vitamin B6

Berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada Ibu hamil. Banyak terdapat pada gandum, jamur, kentang, pisang, ragi dam sayuran kering.

  1. Vitamin B12

Berguna dalam pembentukan sel darah merah dan sistem syaraf pusat janin. Vitamin B12 dapat ditemukan pada susu, telur, rumput laut dan daging sapi.

Ketersediaan asupan berbagai jenis vitamin yang telah disebutkan di atas tadi, tentunya akan dapat meningkatkan daya tahan serta perkembangan otak serta tubuh janin dengan maksimal. Dianjurkan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan dan ahli gizi, agar Ibu mengetahui benar mengkonsumsi vitamin dengan kadar yang tepat dan tidak berlebihan.

Leave a comment